Android Marshamallow Terbaru dari Google

Android Marshamallow Terbaru dari Google. Pada Mei 2015 lalu di ajang konferensi I/O 2015, Google sudah memperkenalkan sistem operasi Android terbarunya. Namun, saat itu Senior Vice President Google Sundar Pichai baru menyebutnya dengan nama Android M. Terbaru, Google mengeluarkan nama resmi Android 6.0, merupakan generasi penerus sistem operasi Android Lollipop, yakni Android Marshamallow.

Sumber: wccftech.com

Sumber: wccftech.com

Sebenar, Google tidak secara terbuka mengungkapkan sistem operasi terbarunya itu adalah Android Marshamallow. Tapi, secara implisit melalu foto patung robot hijau yang diunggah Vice President of Engineering Android, Dave Burke. Dan si robot hijau itu sedang menggenggam marshmallow. Bisa disimpulkan, itu sistem operasi Android Marshamallow Terbaru dari Google.

Memang, sistem operasi Android Marshamallow Terbaru dari Google ini belum bisa dirasakan oleh pengguna smartphone Android di seluruh dunia. Tapi, kabar baiknya, bagi develover yang ingin mengembangkan atau mengoptimalkan aplikasi, sudah bisa mengunduh final preview Android Marshamallow.

Nah, selain mengganti nama pada sistem operasi terbarunya itu, Google menyematkan banyak fitur menarik yang tidak terdapat dalam sistem operasi pendahulunya seperti adanya dukungan pemindai sidik jari, kemudian terdapat pula mode penghematan baterai serta izin penggunaan aplikasi model baru. Berikut penjelasan lebih jauh:

* Perubahan sistem keamanan (APP Permission)
Google memberikan kuasa untuk menerima atau menolak permintaan izin keamanan sebuah aplikasi. Jadi, aplikasi tidak bisa sembarangan membuka lokasi atau kamera pengguna. Aplikasi harus meminta izin pada pengguna ketika programnya ingin mengakses kamera atau lokasi.   Berbeda dari seri Android sebelumnya, persetujuan akses kamera, lokasi atau sejenisnya harus diberikan saat pengguna mengunduh suatu aplikasi.

* Pembaruan Peramban Chrome
Google menambahkan sebuah fitur bernama Chrome Custom Tabs yang berfungsi membuat pengembang aplikasi dapat menyematkan halaman web di dalam aplikasinya.

* Fitur Doze (tidur ayam) untuk Hemat Daya
Memang, fungsi fitur ini untuk mengelola daya yang digunakan oleh ponsel. Jika ponsel tidak bergerak selama beberapa waktu, maka Doze akan langsung memutus aplikasi yang aktif. Cara kerjanya, Android Marshamallow Terbaru dari Google ini memanfaatkan deteksi gerakan. Saat tak ada gerakan, maka tablet otomatis memutus aplikasi-aplikasi yang menyala.

* Pemindaian Sidik Jari
Android Marshmallow Terbaru dari Google mendukung akses pemindaian jari untuk keamanan pengguna

* Menyederhanakan pengendalian volume

* Dukungan untuk USB tipe C

*  Track Memory
Fitur ini membantu pengguna mengetahui aplikasi paling makan memori dan paling sering diakses. Pengguna tak perlu lagi menghapus seluruh aplikasi yang berjalan di recent apps, kalau ingin bikin lega RAM.

* Auto Backup
Pengguna tak perlu repot-repot menginstal aplikasi yang dibutuhkan dan menyeting satu-persatu ketika memakai ponsel baru. Otomatis Android Marshamallow Terbaru dari Google bisa mem-backup aplikasi yang dipakai pengguna di ponsel sebelumnya ke Google Drive. Tapi, asalkan ukuran file kurang dari atau sama dengan 25 MB.

* Power Saving
Power Saving di Android Marshamallow Terbaru dari Google  sedikit lebih baik dari fitur serupa di sistem operasi lain. Sebab, bisa mengetahui ponsel sudah terlalu lama idle. Fitur ini akan mematikan aplikasi yang jalan di background untuk makin menghemat penggunaan baterai.

Menarik ditunggu bagaimana realisasinya ketika sistem operasi Android 6.0 ini sudah digunakan secara massal di smartphone atau tablet. Jadi tak sabar ingin segera mengutak-atik Android Marshamallow Terbaru dari Google.

Please follow and like us:

One thought on “Android Marshamallow Terbaru dari Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *