Google Doodle Rayakan HUT Mundaneum

Google Doodle Rayakan HUT Mundaneum. Seperti biasa, Google selalu merayakan atau memberi penghormatan dengan cara memasang logo orang atau badan yang membawa pengaruh dalam kehidupan manusia di search enginenya yang disebut Google Doodle. Hari ini, Google Doodle rayakan HUT Mundaneum.

Google.com

Google.com

Google Doodle Rayakan HUT Mundaneum. Lantas, apa itu Mundaeum? Mundaneum adalah lembaga yang didirikan pada 1910 oleh seorang pria bernama Paul Otlet. Hari ini tepat 147 tahun kelahiran Paul Otlet. Mundaneum didirikan mengikuti inisiatif dari pengacara asal Belgia Paul Otlet dan Henri La Fontaine pada 1895, merupakan bagian dari pekerjaan mereka melakukan dokumentasi.

Dokumentasi itu mereka lakukan demi mengmpulkan berbagai macam pengetahuan di dunia, lalu mengklasifikasikan data itu menjadi sistem yang Paul Otlet dan Henri La Fontaine namakan Klasifikasi desimal Universal. Otlet dan La Fontaine kemudian membentuk International Conference of Internasional Asosiasi yang menjadi asal mula dari Union of International Asosiasi (UIA).

Mundaneum dianggap sebagai tonggak dalam sejarah pengumpulan data dan manajemen dan sebagai prekursor ke internet. Otlet menjadi sebuah arsip dengan lebih dari 12 juta kartu indeks dan dokumen. Jadi, ada sebagian orang menganggapnya sebagai perintis internet, tak heran Google Doodle Rayakan HUT Mundaneum, HUT Paul Otlet.

Adapun contoh dari hasil kerja Paul Otlet berupa Mundaeum yang hingga kini terus berkembang adalah Koleksi internasional, internasional museum, perpustakaan internasional, katalog Bibliografi internasional dan arsip dokumenter.

Semula, Mundaneum bertempat di Palais du Cinquantenaire di Brussels, Belgia. Arsitek Le Corbusier merancang proyek Mundaneum, sedianya dibangun di Genewa, Swiss pada 1929, namun tidak jadi karena mendapat kritikan.

Ketika Jerman menginvasi Belgia pada 1940, Mundaneum digantikan dengan pameran seni Reich Ketiga, dan beberapa materi itu hilang. Mundaneum dilarutkan dalam bangunan yang besar tetapi rapuh di Leopold Park. Lalu dipaksa pindah lagi pada 1972. Lalu, Mundaneum dipindah ke sebuah bangunan departemen sore pada 1930-an di Mons (Walonia). Mulai 1998 dibuka pula museum di sana.

Demikian sekelumit kisah singkat perjalanan Paul Otlet dan karyanya Mundaneum disarikan dari berbagai sumber, satu di antaranya szaktudas.com. Sangat wajar jika Google Doodle Rayakan HUT Mundaneum.

 

 

 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *