26 Smartphone Android Mengandung Spyware

26 Smartphone Android Mengandung Spyware. What? Apa benar demikian? Rasa-rasanya memang tidak mungkin terjadi karena tiap vendor punya pengaman yang berkualitas. Namun, belajar beberapa waktu lalu yang terjadi pada ponsel besutan Tiongkok, kemungkinan itu bisa saja terjadi. Pada Maret 2015 lalu, dikabarkan Xiaomi Mi4 LTE diduga memiliki malware bawaan. Nah lho?

Sumber: dreamstime.com

Sumber: dreamstime.com

26 Smartphone Android Mengandung Spyware.  Informasi yang beredar dari firma keamanan asal Jerman, G Dara, sebagian besar smartphone tersebut beredar di Asia serta di Eropa. Lantas, apakah merek ponselnya? Versi G Dara antara lain Xiaomi, Huawei, dan Lenovo. Namun, tidak ada disebutkan detail seri ponsel yang mengandung spyware itu.

Telaah lebih lanjut oleh G Data, spyware bersembunyi di aplikasi populer macam Facebook atau Google Drive. Sebagai spyware, tentu saja berbahaya jika ngedon di smartphone. Bahkan, tidak bisa dihapus secara manual.

Jadi, bagi Anda pemilik smartphone Android, hati-hati dan teliti dalam memilih smartphone. Sebabm akibat dari malware dan spyware bisa meluas dengan aksi-aksi yang tak diinginkan. Apalagi kemampuan spyware itu bersifat masif lho.

Di dalam smartphone,  spyware bergerak bak makhluk posesif, mencari tahu semua informasi tentang pengguna ponsel pintar. Selanjutnya, spyware bisa mengambil kendali ponsel sehingga membayangi pengguna dalam mengoperasikan perangkat smartphone. Miri-mirip jin lah, hehehe.

Sebenarnya vendor smartphone bukan sengaja memasukan spyware ini. Diduga pihak ketiga yang bekerja sama dengan vendor menjadi dalangnya. Bisa pula diduga penjual retail atau bahkan agen intelijen dari pemerintah negara tempat vendor membuka izin usaha.

Kalau mau tahu, kemampuan spyware itu cukup banyak lho. Berikut ini antara lain diantara kemampuan spyware yang patut diperhatikan:

– Mendengar dan merekam percakapan telepon
– Mengakses internet
– Melihat dan memindai kontak
– Mengunduh aplikasi yang tak diinginkan
– Mengecek lokasi
– Mengambil file
– Mengirim dan membaca pesan
– Menonaktifkan software anti-virus
– Mengakses percakapan chatting
– Melihat rekam jejak browser

Wah, jika melihat kemampuan spyware seperti itu, kiranya pemilik smartphone atau calon pembeli smartphoe harus berhati-hati. Jangan sampai membeli satu dari 26 Smartphone Android Mengandung Spyware.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *