Deteksi Gempa dengan Aplikasi dari BMKG

Deteksi Gempa dengan Aplikasi dari BMKG. Indonesia kembali diguncang oleh gempa bumi. Kali ini melanda Kabupaten Garut, tepatnya di bagian Barat, terjadi pada Sabtu, 5 September 2015 tepat pukul 03.08 WIB. Gempa jelang subuh ini tentu bikin kalut warga.

Sumber: play.google.com

Sumber: play.google.com

Deteksi Gempa dengan Aplikasi dari BMKG. Kabarnya, getaran sekitar empat hingga lima detik saja. Memang tidak memakan waktu lama, tapi tetap saja bikin jantung berdebar. Warga pun berusaha waspada jika kembali sewaktu-waktu terjadi gempa susulan atau bahkan tsunami. Mudahan saja tidak demikian.

Kalau keterangan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kekuatan gempa 5,6 SR. Pusat gempa berlokasi di 8,23 Lintang Selatan – 107,31 Bujur Timur, dengan kedalaman 10 KM. Patut dicatat, gempa tidak berpotensi Tsunami. Meksipun demikian, magnitude gempa sampai ke Bandung dan Jakarta.

Ngomong-ngomong soal gempa, kira-kira ada tidak aplikasi yang bisa digunakan untuk mendeteksinya? Namanya zaman serba instan dan modern seperti sekarang, ternyata aplikasi dimaksud ada lho. Nah, aplikasi itu ada resmi dari BMKG ada pula bawaan dari sistem operasi Android atau Apple.

– Info Gempa dan Cuaca
BMKG menggunakan aplikasi Android bisa memperkirakan keadaan cuaca dan gempa bumi. Aplikasi tersebut diberi nama Info Gempa dan Cuaca. Fiturnya antara lain, informasi yang sama dengan data dikeluarkan oleh BMKG pada situsnya. Jadi tanpa harus membuka website BMKG lagi.  Jenis informasi yang ditampilkan mulai prakiraan cuaca Indonesia, prakiraan cuaca kabupaten, prakiraan cuaca di dunia, gempa bumi terkini dan gempa bumi yang dirasakan. Informasi gempa bumi terkini menampilkan data-data informasi tetang potensi tsunami, keterangan tanggal dan waktu terjadinya gempa, lokasi bahkan kekuatan gempa.

– Quaekee HD
Aplikasi Quaekee HD bisa diunduh untuk iPhone dan smartphone Android. Mampu mendeteksi gempa dan lainya seperti dalam skala Richter, lokasi, waktu dan tanggal. Informasi dari aplikasi ini hampir mirip dengan aplikasi yang sebelumnya juga telah disediakan untuk ponsel BlackBerry. Kelebihannya, aplikasi ini tidak memerlukan penerima GPS pada perangkat yang digunakan. Pengguna dapat menginstal aplikasi di Android tablet atau smartphone dngan mudah. Jika ingin versi HD, bisa mencoba Quakee HD untuk iPad cukup tapi harus bayar.

– Seismograph
Juga bisa diakes lewat iPhone dan Android. Aplikasi Seismograph ini gratis sangat relevan dengan kebutuhan untuk proses pendeteksian gempa. Setelah proses penginstalan selesai, uji coba software Seismograph tersebut berfungsi atau tidak. Caranya tinggal menggerakkan atau menggoyangkan smartphone cukup keras. Apabila Seismograph merespon maka ada perubahan grafik.

– Earth Quake Alert
Cara mendeteksi adanya gempa dengan menggunakan smartphone baik berbasis Android ataupun iPhone adlalah dengan aplikasi Earth Quake. Aaplikasi yang mampu berikan peringatan dini gempa. Ditulis di Google Play, aplikasi ini mampu mendeteksi gempa minimal 1 Skala Ritcher (SR) di Amerika dan 4,5 SR di wilayah lainnya. Aplikasi ini bisa diinstalasi pada smartphone berbasis Android, bahkan yang berspesifikasi rendah sekalipun.

Itu baru sebagian kecil dari aplikasi pendeteksi gempa. Ada masih banyak lagi beredar di Google Play Store maupun Apple Store. Tapi kalau mau lokalan, bisa pilih Info Gempa dan Cuaca, Deteksi Gempa dengan Aplikasi dari BMKG.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *