Haji Pintar Pendamping di Masjidil Haram

Haji Pintar Pendamping di Masjidil Haram.  Baru-baru ini, terjadi musibah di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, tepatnya Jumat (11/9). Angin kencang dan hujan deras menjatuh salah satu crane yang sedang bertugas memperluas masjid terbesar di Arab Saudi ini. Akibatnya, puluhan jemaah haji meninggal dunia dan ratusan orang terluka. Di antara yang meninggal dan terluka, terdapat jemaah haji asal Indonesia.

Sumber: images.detik.com

Sumber: images.detik.com

Haji Pintar Pendamping di Masjidil Haram. Jadi, walaupun manusia telah berikhtiar sedemikian rupa, namun Allah SWT Maha Kuasa dalam menentukan segala sesuatunya.  Tak ada salahnya jika manusia berupaya mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti mempersiapkan diri lebih baik. Salah satu langkah antisipasi itu dilakukan Kementeria Agama RI dengan memanfaatkan teknologi mobile yakni sebuah aplikasi dengan sistem operasi Android. Aplikasi itu adalah ‘Haji Pintar’ yang berfungsi menjadi pendamping, pemandu jemaah haji selama di Masjidil Haram dan lokasi lainnya di Arab Saudi.

Pada akhir Juli 2015, Kementerian Agama telah meluncurkan aplikasi ponsel berbasis laman dan sistem operasi Android diberi nama ‘Haji Pintar’. Diharapkan, aplikasi ini untuk mempermudah ibadah jamaah haji Indonesia di Arab Saudi, jadi Haji Pintar Pendamping di Masjidil Haram.

Jadi, Aplikasi ini meliputi akomodasi, transportasi, katering, manasik dan daftar nama penyelenggara ibadah haji. Melalui aplikasi ini, jamaah haji dapat mengetahui lokasi hotel tempat menginap, jalur bus shalawat serta menu makanan selama manasik haji. Ada pula fitur yang menyajikan berbagai doa manasik haji dalam aplikasi tersebut.

Sebelum mengenalkan aplikasi ‘Haji Pintar’ pemerintah melalui Kementerian Agam juga menerapkan ‘e-hajj’ yakni  transparansi data haji berbasis teknologi informasi yang seiring dengan program dari Arab Saudi.

Informasi dalam Aplikasi Haji Pintar:
– Pemondokan
– Transportasi
– Catering
– Penunjuk jalan
– Kesehatan
– Perusahaan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU)
– Manasik

Aplikasi ‘Haji Pintar’ dapat dengan mudah diunduh di Google Play Store,  Apple App Store atau melalui laman resmi Kementerian Agama kemenag.go.id. Merupakan bagian dari digitialisasi pelayanan haji. Jadi, bisa diambil manfaatnya Haji Pintar Pendamping di Masjidil Haram.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *