Mengenal Baguette yang Dirayakan Google

Mengenal Baguette yang Dirayakan Google. Bukan tanpa alasan jika Google ikut merayakan 22 tahun roti khas Perancis, Baguette, Ya, roti dengan ukuran panjang 1 meter ini memiliki banyak keunikan, salah satunya ukurannya yang memanjang itu. Selain itu, sejarah panjang mengenai roti ini cukup menarik untuk disimak.

Sumber: www.finecooking.com

Sumber: www.finecooking.com

Mengenal Baguette yang Dirayakan Google. Khusus untuk merayakan 22 tahun roti Baguette, Google Doodle memasang gambar kartun seorang chef sedang menghirup aroma sepotong roti panjang. Ia memasukkan roti baguette ke dalam tungku penuh bara api.

Penggambaran Google Doodle itu menyiratkan bahwa pembuatan roti Baguette masih mengggunakan teknologi tradisional. Tapi, tunggu dulu, jika melihat sejarah roti ini, teknologi yang sederhana kiranya tak jadi masalah.

So, roti Baguette sudah dikonsumsi orang Perancis sejak zaman Louis XIV. Jadi sebenarnya, roti ini ada sejak 1800-an. Makanyasangat identik dengan budaya Sehingga roti ini Makanya roti ini sangat identik dengan budaya Perancis.

Satu kelebihannya, roti Baguette selalu dibuat dan disajikan dalam bentuk segar sebab dasar bahan pembuatannya tidak menggunakan pengawet. Roti Baguette atau bisa pula disebut roti Perancis itu memiliki diameter 5-6 sentimeter dengan panjang sekitar 1 meter. Penampilannya memang seperti tongkat. Roti ini teksturnya keras di luar namun lembut di bagian dalam dengan rasa yang tawar.

Lantas, bagaimana cara mengonsumsinya? Bisa dengan cara diiris-iris tipis lalu bagian atasnya diberi mentega dan bawang putih, selanjutnya dipanggang. Biisa pula dengan diberi topping olahan daging giling, ikan tuna atau selai berbagai rasa.

Pada Google Doodle terlihat tulisan ‘Decret Pain’.  Ya Decret Pain adalah aturan pengolahan roti Baguette yang dikeluarkan oleh pemerintah Prancis pada  13 September 1993, tepatnya 22 tahun lalu. Nah, aturan itu menyebutkan perajin roti Baguette harus mematuhi semua standar pembuatan Baguette, paling utama hanya boleh dibuat dari empat bahan. Meliputi tepung gandum, air, garam, dan ragi. Dilarang keras menambahkan bahan pengawet, zat adiktif, atau membekukan Baguette.

Selain di Perancis, roti ini juga banyak di konsumsi di Austria hingga Vietnam. Bagaimana dengan di Indonesia? Penikmatnya tentu saja para eksptariat, terutama asal Perancis. Kalau orang Indonesia mungkin sekadar coba-coba, Mengenal Baguette yang Dirayakan Google.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *