Jam Ahmed Mohamed yang Bikin Heboh Amerika

Jam Ahmed Mohamed yang Bikin Heboh Amerika. Baru-baru ini dunia digegerkan atas kabar ditangkapnya bocah 14 tahun, Ahmed Mohamed di Amerika Serikat hanya karena dia membuat jam digital dari tempat pensil yang disalahartikan oleh gurunya sebagai bom. Netizen pun bereaksi keras atas penangkapan yang berlangsung di sekolah MacArthur High School. Belakangan dia dibebaskan dari tuduhan meskipun sempat menginap di sel polisi Kepolisian Irving, Texas, AS.

sumber: reuters.com

sumber: reuters.com

Jam Ahmed Mohamed yang Bikin Heboh Amerika. Presiden Amerika Serikat Barack Obama
pun mengundang Ahmed Mohamed  untuk mengunjungi Gedung Putih. Demikian pula pendiri Facebook Mark Zuckerberg turut berempati.

Lantas, bagaimana bentuk jam yang bikin heboh itu? Seperti yang dirilid Kepolisian Irving, Texas, AS, jam digital itu menggunakan tempat pensil. Terlihat kotak berwarna perak berisi rangkaian elektronik. Kotak tersebut seperti koper kecil dengan lapisan dalam berwarna biru tua.

Pada layar warna merah merupakan penunjuk jam. Layar itu menempel pada satu dinding kotak perak. Entah sudah dibongkar atau memang tampilannya seperti itu, kabel berwarna merah, kuning dan hitam mencuat tersambung dalam satu rangkaian.

Adapun kronologisnya menurut versi CNN. Pagi itu Ahmed Mohamed, pergi ke sekolahnya di MacArthur High School, dengan penuh semangat. Dia bermimpi menjadi seorang teknisi, lalu ingin menunjukkan jam digital yang dia rakit dari kotak pensil kepada gurunya. Bukan pujian, Ahmed malah ditangkap dan diborgol aparat keamanan.

Sumber: ap.com

Sumber: ap.com

Ahmed punya cita-cta melanjutkan sekolah ke Massachusetts Institute of Technology (MIT), sekolah teknik ternama di AS. Kabarnya, dia ingin pindah sekolah akibat kejadian ini.

Berikut reaksi-reaksi tokoh Amerika Serikat atas kejadian yang menimpa Ahmed Mohamad:

– Presiden AS Barack Obama: “Jam yang bagus Ahmed. Apakah kamu ingin membawanya ke Gedung Putih? Kita harus menginspirasi pemuda untuk lebih menyukai sains. Inilah yang membuat Amerika negara hebat.”

– Pendiri Facebook Mark Zuckerberg: “Ahmed, kalau kamu mau datang ke Facebook, saya akan sangat senang menemui mu. Teruslah berkarya.”

Reaksi orang-orang mungkin terlalu berlebihan kemungkinan hanya karena kecurigaan terlampau berlebihan. Itu Jam Ahmed Mohamed yang Bikin Heboh Amerika.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *