Mencegah Autoplay Video di Facebook

Mencegah Autoplay Video di Facebook. Baru-baru ini, jika Anda perhatikan, akun Facebook milik Anda otomatis memutar langsung tayangan video baik dari dari newsfeed maupun timeline ketika kursor menyorotnya. Fitur ini baru bagi pengguna Facebook di Indonesia. Nama fitur ini adalah Autoplay. Apakah berpengaruh pada bandwidth atau bahkan pulsa jika Anda menggunakan mobile phone atau tablet?

Sumber: www.adweek.com

Sumber: www.adweek.com

Lantas, adakah cara Mencegah Autoplay Video di Facebook ? Untuk diketahui fitur Autoplay ini membuat semua video yang ada di linimasa atau timeline Facebook langsung diputar otomatis. Bahkan tanpa dikehendaki,  tanpa mengharuskan pengguna menekan tombol play lebih dahulu.

Kelebihan fitur Autoplay ini adalah bisa menghemat waktu tanpa harus loading lama, apalagi jika koneksi internet sedang down. Tak perlu repot-repot lagi menekan tombol untuk melihat video. Beda dengan pengakses Facebook lewat perangkat mobile.

Kemungkinan besar paket data atau puls tersedot habis sangat cepat. Padahal, belum tentu video yang terputar disukai atau dimaui untuk ditonton. Kejelekan lainnya, aplikasi atau fitur macam ini boros baterai! Wah berarti fitur ini merugikan dong bagi pemilik akun Facebook?

Jangan buru-buru menyalahkan Facebook lho. Sebelum meluncurkan fitur ini ke khalayak, Facebook juga menyiapkan cara untuk menghentikan pemutaran video secara otomatis alias autoplay. Bisa dilakukan lewat PC, laptop atau ponsel dan pernakgat mobile lainnya.

Komputer/laptop
– Buka laman Facebook, kemudian klik  “Option”. Coba cari menut tersebut di bagian kanan atas. Iconnya  berbentuk gambar panah mengarah ke bagian bawah. Berikutnya, klik “Settings” pilih “Videos” ada di bagian kiri layar. Lalu, dari menu “Videos”, cari “Auto-play Videos” dan pindahkan pilihan dari “Default” ke “Off”.

Ponsel/tablet
– Beberapa pilihan autoplay untuk kedua perangkat ini adalah “On”, “WiFi Only” dan “Off”.  Pilihan”On” maka jumlah paket data yang digunakan tergantung seberapa lama menyaksikan video. Jika men-scroll laman melewati video di linimasa, video otomatis akan berhenti. Jika menggunakan WiFi, tidak ada paket data yang digunakan.

Setting ponsel Android
– Buka aplikasi Facebook, lalu tekan tombol “Menu”. Pilih “App Settings” cari “Videos Play Automatically”. Pilih “Off” jika ingin mematikannya.

Setting iPhone dan iPad
– Pilih “Settings” untuk iPhone atau iPad. Menu setting untuk iPhone dan iPad, bukan di aplikasi Facebook. Cari Facebook. Berikutnya, tekan “Settings”, cari “Video”. Pilih “Auto-play”. Jika mau mematikan fitur autoplay, tekan tombol “Off”.

Nah, bagaimana tips di atas, menarik bukan? Anda dapat dengan mudah Mencegah Autoplay Video di Facebook.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *