6 Sosial Media Berbasis Video

6 Sosial Media Berbasis Video. Saat ini cukup banyak sosial media yang digunakan oleh penyuka layanan ini. Paling populer tentu saja Facebook dan Twitter. Ada lagi LinkedIn, Stumbleupon, Tumbler atau lainnya. Namun, di antara sosial media yang populer itu, hanya sedikit yang memberikan layanan berbasis video.

Sumber:www.nj.com

Sumber:www.nj.com

Jika memang ada 6 Sosial Media Berbasis Video, maka di antara sosial media yang memberikan layanan berbasis video, Twitter berada paling depan karena memiliki beberapa aplikasi yang memiliki kemampuan itu. Facebook pun tak mau kalah dengan membuat aplikasi berbasis video pula. Berikut ini aplikasi-aplikasi di media sosial yang memberikan layanan video atau berbasis video

* Vine
Merupakan aplikasi jejaring sosial berbasis video dirilis pada Januari 2015. Semulai, Vine hanya untuk pengguna iOS, pengguna aktifnya sudah mencapai 13 juta. Popularitas Vine bisasaja kembali menjulang sebab kini sudah hadir di Google Play.

Vine adalah aplikasi jejaring sosial berbasis video murni,  tidak ada sisipan untuk gambar dan teks. Kemampuannya hanya bisa unggah video, tetapi tidak bisa sekadar ingin update status. Video yang lolos sensor jika durasinya maksimal 6 detik. Itu bukan waktu yang singkat lagi tapi super singkat.

* Snapchat
Sudah dirilis sejak 2011 lalu. Tapi, di Indonesia, popularitas media sosial ini baru akhir-kahir ini terdengar dan mulai banyak dipakai di Indonesia, khususnya kalangan remaja. Banyak digunakan untuk berbagi video, Snapchat juga disebut bakal makin banyak digunakan oleh netizen Indonesia seiring dengan hadirnya jaringan internet super cepat 4G LTE pada akhir tahun ini. Penggunaanya tinggal unduh di toko aplikasi iOS dan Android.

Snapchat merupakan aplikasi pesan foto yang dikembangkan Evan Spiegel, Bobby Murphy, dan Reggie Brown saat masih kuliah di Universitas Stanford. Pengguna dapat mengambil foto, merekam video, menambahkan teks dan lukisan, dan mengirimkannya ke daftar penerima yang ditentukan pengguna. Foto dan video kiriman pengguna disebut “Snaps”. Pengguna menetapkan batas waktu tersedianya Snaps mereka lalu foto dan video tersebut disembunyikan dari perangkat penerima dan dihapus dari server Snapchat.

* Periscope
Layanan live-streaming di bawah naungan Twitter ini ramai diperbincangkan setelah beberapa artis papan atas menggunakannya. Tapi, masih banyak yang menganggap Periscope semata-mata berfungsi untuk mengintip keseharian para artis secara live. Padahal, ada banyak fungsi lain yang bisa dimanfaatkan.

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) berminat pada Periscope. Jokowi menjadi presiden pertama di antara negara Asia Pasifik yang memiliki dan menggunakan akun Periscope. Akun resmi milik Jokowi ada di @presidenjokowidodo.

* Live
Fitur ini baru saja disematkan di jejaring sosial Facebook. Kalau Periscope bisa menyiarkan video siaran langsung buatan siapapun, Live, sementara ini, cuma tersedia untuk orang-orang penting yang menggunakan aplikasi Mentions. Dwayne “The Rock” Johnson atau petenis Serena Williams sudah bisa mengunggah streaming video mereka.

Bagian menarik dari Live adalah video yang sudah diunggah akan eksis secara permanen. Tidak seperti Periscope otomatis menghapus video setelah lewat dari 24 jam. Live cuma akan menghapus video yang sudah diunggah jika penggunanya memberi perintah.

* Tumbler
Sosial media ini lebih mengarah ke ranah blog seperti WordPress maupun Blogger, namun memiliki beranda yang memunculkan update terbaru dari akun Tumblr yang diikuti. Pilihannya terdiri atas jenis apa yang ingin dibagi, yakni text, video, audio, photo, quote dan link. Ada juga fitur like dengan mengklik gambar hati dibawah post, re-blog dan komen.

* Youtube
Layanan jejaring sosial yang juga berpengaruh besar untuk dunia hiburan, komunikasi dan informasi. Dikhususkan pada layanan video yang juga telah melejitkan banyak nama, mulai dari Justin Bieber, Gangnam Style ala Psy dan di Indonesia salah satunya duo lipsync Sinta- Jojo. Di sini, banyak jenis video yang bisa ditonton, mulai dari musik, video lucu, tutorial, hingga beragam video koleksi pribadi milik pengunggahnya.

* Video.com
Vidio.com dinobatkan sebagai Best Entertainment Website di Bubu Award 2015. Padahal saat itu umur Vidio.com belum genap 1 tahun. Vidio.com bisa diuduh di Google Play Store dengan mencari aplikasi “vidio”.

Demikian informasi mengenai 6 Sosial Media Berbasis Video yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *