Giliran Jam Astronomi Praha di Google Doodle

Giliran Jam Astronomi Praha di Google Doodle . Hari ini, Jumat (9/10) Google menampilkan jam astronomi Praha di Google Doodle. Seperti tampilan Google Doodle terdahulu, selalu menayangkan tampilan terkait hari bersejarah tertentu. Nah pada 9 Oktober 2015 adalah hari ulang tahun ke-605 Jam Astronomi Praha.

Sumber:id.wikipedia.org

Sumber:id.wikipedia.org

Jika Giliran Jam Astronomi Praha di Google Doodle ditampilkan, tentu ada sesuatu yang menarik dari Jam Astronomi Praha ini. Lantas, apakah itu? Bagi sebagain orang Indonesia tentu kurang familiardengan Jam Astronomi Praha ini. Nah, berikut sedikit penjelasan mengenai Jam Astornomi Praha.

Jadi, Jam Astronomi Praha dalam bahasa di wilayah Ceko disebut juga dengan Prazsky Orloj. Jam ini adalah jam astronomi yang telah dibuat sejak abad pertengahan, berlokasi di ibu kota Ceko, Praha, tepat di dinding selatan Old Town Hall di Old Town Square. Kebayang tidak, bahwa jam ini pertama kali dipasang pada 1410. Tapi, walaupun usianya tua bukan berarti yang tertua. Sebab, Jam Astronomi Praha tertua nomor tiga di dunia.

Jam ini terdiri atas tiga komponen utama. Meliputi perhitungan astronomi, mewakili posisi matahari dan bulan di langit serta menampilkan berbagai rincian astronomi. Dulu, terjadi slaah paham terkait jam astronomi ini selama berabad-abad. Banyak orang percaya pembuatnya seorang ahli jam bernama Hanus, yang juga disebut Jan of Ruze, yang hidup pada abad ke-15.

Pembuat sebenarnya baru diketahui pada 1961 dalam sebuah dokumen tua, menggambarkan perhitungan astronomi. Di dalam dokumen tua tersebut diungkap jam dibuat Mikulas of Kadan pada 1410. Dia mungkin bekerja sama dengan astronom dan profesor Universitas Charles, Jan Sindel.

Pada abad ke-16 jam astronomi itu diperbaiki dan ditingkatkan kemampuannya oleh Jan Taborsky. Namun, jam tersebut menderita kerusakan parah seiring berjalannya waktu. Perbaikan besar-besaran dilakukan pada 1865. Jam tersebut dimodernisasi dan perhitungan kalender baru dibuat oleh Josef Manes. Pada 1945 tentara Jerman merusak jam astronomi tersebut dan beberapa patung juga dibakar.

Jam Astronomi Praha atau ‘Prague Astronomical Clock’ sampai sekarang ini menjadi tujuan wisata dunia. Sudah sepantasnya Giliran Jam Astronomi Praha di Google Doodle.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *