Tahun Depan Mungkin Ada Emoji Selfie

Tahun Depan Mungkin Ada Emoji Selfie. Pengguna sosial media atau aplikasi sosial macam BlackBerry Messenger (BBM), WhatsApp, Line dan lainnya tentu sudah sangat mengenal dengan yang namanya emoji. Ya, satu karakter dari emoji bisa mewakili atau menggantikan teks yang panjang dan berbelit. Satu contoh karakter sedih, atau senang hingga lainnya.

Sumber: www.equipstil.com

Sumber: www.equipstil.com

Tiap tahun karakter emoji selalu bertambah sehingga memperkaya wahana komunikasi di dunia maya. Tahun Depan Mungkin Ada Emoji Selfie, itu wajar saja. Nah, Unicode Consortium mempublikasikan kandidat emoji baru untuk diluncurkan pada 2016. Jumlah kandidat emoji terbaru itu cukup banyak yakni 67 tergabung dalam paket Unicode 9.0. Emoji ‘selfie’ kemungkinan menjadi satu kandidat terkuat untuk direalisasikan pada 2016.

Unicode 9.0 merupakan penerus Unicode 8.0. Pada Unicode 8.0 disematkan warna kulit untuk tiap emoji yang menggambarkan ekspresi manusia. Katanya sih, dianggap sebagai penghormatan atas keragaman umat manusia di dunia. Nah, paket emoji untuk Unicode 9.0 pun juga demikian.

Di antara beberapa kandidat emoji terbaru itu adalah sebagai berikut:
* Lying face:  wajah berbohong
* Shrug face: ekspresi wajah sambil mengangkat bahu
* Pregnant woman: perempuan hamil
* Dancing man: lelaki berdansa
* Kategori makanan dan minuman: tumbler yang berisi whiskey, alpukat, dan croissant

Emoji diciptakan oleh seorang Jepang bernama Shigetaka Kurita. Kata emoji berasal dari istilah bahasa Jepang untuk karakter gambar atau emoticon yang digunakan dalam pesan elektronik Jepang dan halaman Web. Semula artinya adalah pictograph. Karakter yang digunakan seperti emoticon di tempat lain, tetapi mempunyai jenis-jenis emoticon lebih luas serta ikon yang digunakan telah distandardisasi dan ditanamkan ke dalam handset.

Beberapa set karakter Emoji telah dimasukkan ke Unicode, jadi memungkinkan Emoji digunakan di luar Jepang. Beberapa ponsel seperti Windows Phone 7 line dan iPhone memungkinkan akses ke simbol tanpa memerlukan operator Jepang.

Emoji mulai muncul dalam layanan email seperti Gmail (diakses melalui Google Labs) pada April 2009, dan website seperti Flipnote Hatena. Beberapa aplikasi SMS untuk ponsel yang didukung Android juga menyediakan plugin yang memungkinkan penggunaan Emoji. Sistem operasi Apple Mac OS X juga mendukung Emoji dengan versi 10.7 Lion dengan Apple Color Emoji typeface.

Selfie yang booming dalam belakangan ini rupanya menarik perhatian pembuat emoji untuk menuangkannya dalam satu karakter unik. Semoga saja cepat-cepat Tahun Depan Mungkin Ada Emoji Selfie.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *