Hindari Kejadian Gunung Lawu dengan Aplikasi Outdoor

Hindari Kejadian Gunung Lawu dengan Aplikasi Outdoor. Ya, baru-baru in terjadi tragedi kebakaran hutan di Lereng Gunung Lawu, kawasan Cemoro Sewu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Tragedi ini menimbulkan korban jiwa sejumlah pendaki. Kabar terakhir ada tujuh orang meninggal dunia.

Sumber:appadvice.com

Sumber:appadvice.com

Turut prihatin atas musibah di sana. Memang, jika musibah datang tiba-tiba sulit dihindari, Tapi, kalau mau berusaha, mungkin musibah bisa diminimalisasi. Ada beberapa aplikasi untuk bekal pendaki atau penyuka aktivitas alam bebas, sehingga membantu Hindari Kejadian Gunung Lawu dengan Aplikasi Outdoor.

Sedikitnya ada lima aplikasi yang cocok untuk menemani aktvitas penyuka kegiatan alam bebas, berikut aplikasi dimaksud:

* SkyMap
Hanya tersedia untuk gadget Android. Cara menggunakan, arahkan kamera ke langit. Maka aplikasi ini akan mengidentifikasi benda di langit. Di layar bakal dijelaskan nama planet, rasi bintang dan sebagainya. SkyMap juga bisa dipakai di kota. Tapi, jika langit di kota terlampau kotor atau seringditutup awan, aplikasi ini sulit bekerja.

* First Aid
Paling cocok untuk menghindari musibah semacam kebakaran. Aplikasi yang tersedia untuk iOS dan Android ini menampilkan cara-cara mengatasi berbagai situasi seperti bila patah tulang, pendarahan, asma, terbakar, dan lain-lain. Penyajiannya dengan grafik sehingga memudahkan upaya pertolongan. Perlu digaris bawahi, aplikasi ini gratis serta tanpa adai iklan.

* MotionX GPS
Selain mampu mencatat kegiatan pendakian, tapi juga mencatat kegiatan-kegiatan outdoor lain seperti bersepeda, mendayung, berlayar, paralayang, hingga ski. Memiliki peta-peta lokasi tertentu yang bisa diunduh secara gratis. Peta-peta tersebut mencakup peta medan jalan raya hingga ke peta pelayaran. Sayangnya, cuma tersedia untuk pengguna iOS dan nilainya 0,99 Dolar AS.

* SAS Survival Guide
SAS Survival Guide ini menyediakan petunjuk tentang cara bertahan hidup di alam liar. Menyediakan petunjuk bertahan hidup di berbagai medan seperti di perkemahan, di laut, di gurun dan di perkotaan. Tips dalam bentuk gambar atau video. Versi lite tersedia gratis untuk gadget iOS dan Android. Tapi untuk lebih lengkap aplikasi berbayar seharga R p69 ribu hingga Rp 79 ribu.

* MapMyHike
Nah, ini aplikasi yang cocok banget untuk pendaki gunung. Apalagi sudah tersedia untuk iOS maupun Android. Aplikasi ini mampu mencatat rute hiking lengkap dengan kecepatan, jarak, jumlah kalori yang dibakar dan navigasi. Versi litenya gratis tapi versi berbayar seharga  5,99 Dolar AS . Ada fitur tambahan seperti bimbingan audio untuk latihan dan kemampuan sharing lokasi secara real time.

Nah, berbagai aplikasi untuk mendaki gunung di atas, semoga sudah siap untuk melakukan pendakian sehingga bisa Hindari Kejadian Gunung Lawu dengan Aplikasi Outdoor.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *