Ini Produk Gagal dari Apple

Ini Produk Gagal dari Apple. Saat ini Apple tengah mengalami masa keemasannya di bisnis teknologi. Pesaing terdekatnya hanya Samsung. Sementara yang lain hanya mengekor. Padahal, Apple menjual gadget tidak pernah murah. Namun, kualitas yang ditawarkan pun sepadan. Tapi untuk mencapai sukses seperti sekarang, perlu waktu cukup panjang dan tidak mudah. Proses gagal dan tak sukses pun pernah dilalui.

Sumber:youtube.com

Sumber:youtube.com

Apple juga pernah merasakan rugi dan tidak sukses memasarkan produknya. SepertiIni Produk Gagal dari Apple. Berkali-kali Apple membuat produk yang jangankan meraih keuntungan, dilirik saja tidak oleh pasar. Nah, berikut ini ada 12 produk besutan Apple yang gagal di pasaran berikut tahun rilisnya.

* Kaset Game untuk Apple II (1978)
Saat itu belum ditemukan disket. Komputer buatan Apple menggunakan software disimpan dalam kaset. Menyimpan sejumlah game seperti Slot Machine, Star Wars dan Lemonade Stand.

* Printer Apple (1979-1988)
Setiap perusahaan komputer saat itu membuat printer sendiri karena memang belum ada perusahan yang khusus bergerak membuat mesin cetak tersebut.  Silentype diperkenalkan pada 1979. dijual dengan harga 599 dollar AS atau setara Rp 8 juta. Harga kekiniannya mencapai Rp 26,9 juta. Lalu LaserWriter pada 1985 dengan harga 6.995 Dollar AS atau sekitar Rp 94 juta hargasekarang mungkin Rp 201 juta. Mahal banget.

* MacWrite (1984)
Aaplikasi pengolahan dokumen buatan Apple. Mirip dengan Microsoft Word. Dirilis untuk Macintosh orisinil. Piranti lunak pengolahan dokumen pertama dan termasuk hebat di lingkungan DOS.

* The Apple Collection
Lini produk fashion Apple muda. Kreasinya tidak minimalis. Koleksi fashion Apple berisi dengan pakaian bergaya 80-an.

* Apple Scanner (1988-1997)
Pernah membuat mesin pemindai atau scannner.  Dijual sebagai peripheral Macintosh. Tak satu pun sukses di pasaran.

* Apple Newton
Personal digital assistant (PDA) canggih. Newton adalah sistem operasi asisten pribadi pertama yang dirancang Apple untuk tablet MessagePad.  Tablet jadul ini dibekali dengan stylus serta piranti lunak yang dapat mengenali tulisan tangan. Ini merupakan cikal bakal iPhone dan iPad.

* Apple PowerCD
Merupakan rancangan Phillips, sedangkan Apple hanya menempelkan logonya saja sebagai branding. Membaca data-data yang disimpan dalam kepingan CD ketika dihubungkan dengan Mac dan speaker.

* Apple QuickTake Camera (1994-1997)
Merupakan salah satu kamera digital consumer yang pertama dan hadir di pasar antara 1994 hingga 1997. Dibikin oleh Kodan dan Fujifilm, dibranding oleh Apple. Harganya sekitar Rp 10 juta. Bayangkan, resolusinya cuma  0,3 piksel dan memori 1 MB.

* Apple Pippin (1995-19997)
Konsol video game berbasis sistem operasi Macintosh bekerja sama dengan Bandai. Lakunya cyuma 40 ribu unit.

* Apple Flower Power iMac (2002)
Desain gadget ini bernasib buruk dan tidak begitu populer sehingga tenggelam.

* Apple eMac (2002-2006)
Apple merancang eMac sebagai komputer versi pendidikan. Namun rancangan tersebut gagal dan eMac hanya menjadi sebuah iMac biasa dalam versi lebih murah.

* iPod HiFi (2006-2007)
Speaker khusus iPod hanya bertahan setahun. Selanjutnya Apple mulai merekomendasikan speaker buatan vendor lainnya.

Melihat deretan produk di atas, bisa ditarik kesimpulan, bahwa kesuksesan tidak datang dengan tiba-tiba atau membalikkan dengan mudah telapak tangan. Perlu perjuangan untuk smapai ke titik kesuksesan. Maka, belajarlah, Ini Produk Gagal dari Apple.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *