Hari Santri Nasional dan Aplikasi Pendukung Nyantri

Hari Santri Nasional dan Aplikasi Pendukung Nyantri. Pada 22 Oktober 2015 pertama kalinya ditetapkan oleh pemerintah sebagai Hari Santri. Presiden Joko Widodo meresmikan Hari Santri Nasional di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Jokowi menegaskan bahwa Hari Santri Nasional tak akan menciptakan sekat-sekat sosial.

 Al-qur’anulkarim

Al-qur’anulkarim

Hari Santri Nasional dan Aplikasi Pendukung Nyantri. Presiden Jokowi menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional lewat Keputusan Presiden (Keppres) No 22 Tahun 2015. Tapi, meskipun dijadikan hari besar, pemerintah tidak menetapkan Hari Santri Nasional sebagai hari libur nasional pula.

Dewasa ini, santri juga tidak ketinggalan dalam hal penggunaan perangkat teknologi. Bahkan, cukup banyak aplikasi pendukung bagi para santri dan bisa diunduh bebas di Google Playstore. Hal ini menunjukkan, santri yang biasa dikesankan tradisional, ternuata juga tida ketinggalan zaman. Berikut di antara aplikasi pendukung untuk santri:

* Book reader for Al shamela
Aplikasi ini terkait kitab kuning, hampir sama dengan maktabah syamilah yang ada di PC. Kalau pada maktabah syamilah tersedia semua kitab yang mungkin dibutuhkan, tapi Book reader for Al shamela menyedikan aplikasinya saja. Kitab perlu diunduh lagi satu persatu.

* Al-qur’anulkarim
Memudahkan dalam membaca Alquran. Aplikasi ini memiliki bookmarks yang berfungsi menandai halaman yang telah dibaca. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan menu pencari ayat, surat, juz dan halaman.

* EBook Pembaca & PDF Reader Ebook Reade
Aplikasi ini sebagai privat library untuk koleksi ebook yang berbentu PDF. Adanya aplikasi ini file PDF yang ada di handphone anda dengan otomatif terbaca ke Ebook Reade.

* Santri.Net
Dibikin komunitas bernama Aswaja IT Developer di Solo, dirilis sejak 5 November 2014. Merupakan wadah bagi para alumni pesantren untuk saling komunikasi dan bertukar pengalaman. Memberi kemudahan bagi umat Islam yang ingin mencari tahu ilmu hukum fiqih dan lain lainnya yang berkaitan dengan ilmu agama Islam.

* Tasrefan
Merupakan bikinan santri satu pondok pesantren di Madura, Jawa Timur. Berrguna untuk tata bahasa Arab (Nahwu Shorof),  memudahkan orang-orang yang ingin mempelajari bahasa Arab.
Menampilkan deskripsi tentang fiil atau kata kerja, termasuk fiil menurut objek, bentuk, waktu, serta susunannya.

* Kalam Ulama
Dibuat oleh Aswaja IT Developer yang tergabung dalam PPM Aswaja (Persaudaraan Profesional Muslim Aswaja). Merupakan aplikasi berisi kalam nasihat, pesan hikmah, taushiyah, dan informasi dari para ulama Ahlussunnah wal Jama’ah baik dari Indonesia maupun luar negeri yang menggunakan Bahasa Arab. Di dalamnya memuat pesan-pesan terbaru dari berbagai ulama Ahlussunnnah yang bersumber langsung dari situs resmi dan halaman Facebook resmi mereka.

* Majmu Lathif & Doa Harian
Mempermudah kalangan Nahdiyyin dalam menjalankan kegiatan keagamaan mereka terutama dalam hal akses doa-doa serta bacaan-bacaan Alquran lewat media elektronik. Di dalamnya berisi berbagai doa penting mulai dari bacaan dan doa Tahlil, Yasin, al-Waqiah, al Mulk, doa awal tahun, doa Nisyfu Sya’ban dan Asyura, serta doa lainnya.

Ayo, tunggu apalagi, kalau kamu santri, segera browsing ke Google Playstore lalu unduh aplikasi-aplikasi bermanfaat itu. Mumpung masih suasana Hari Santri Nasional dan Aplikasi Pendukung Nyantri.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *