Lihat Meteor dan Benda Langit Pakai Android

Lihat Meteor dan Benda Langit Pakai Android.  Baru-baru ini, diduga sebuah benda langit jatuh di perbatasan Kabupaten Rejanglebong dan Kepahiang, Provinsi Bengkulu, tepatnya Senin (26/10) malam. Diduga benda langit itu adalah meteor, bukan bintang. Saksi mala melihat cahaya kilat di langit. Ya, bedna langit, meteor dan laur angkasa sellau jadi hal yang menarik.

Sumber: space.com

Sumber: space.com

Lihat Meteor dan Benda Langit Pakai Android.  Makanya tak heran Amerika Serikat mengleuarkan uang sangat besar untuk program luar angkasa. Begitu pula Rusia, dan Tiongkok tidak mau ketinggalan. Lantas bagaiaman dengan Indonesia? Untuk melangkah ke luar angkasa mungkin negeri kita belum bisa. Tapi setidkanya teknologi luar angkasa sudah dimanfaatkan seperti penggunaan satelit untuk berbagai macam kebutuhan.

Ternyata, bagi penggemar hal yang berbau luar angkasa ada aplikasi yang dibuat vendor guna membantu hasrat manusia itu. Berikut beberapa aplikasi Android dimaksud:

* SDO
Solar Dinamic Observatory (SDO) memberikan kemudahan memantau secara realtime kondisi permukaan matahari. Disuguhkan beberapa citra mulai dari AIA 350 hingga magnetogram. SDO secara langsung akan terkoneksi dengan server yang ada di website resmi SDO.

* Meteor Shower Calender
Memberikan data valid dan mudah diakses tanpa membutuhkan koneksi internet tentang hujan meteor. Aplikasi Meteor Shower Calender diciptakan berdasarkan data yang diambil dari imo.net . Fitur maupun fasilitas yang kita dapatkan dari Meteor Shower Calender sangat lengkap.

* Lunafaqt
Lunafaqt untuk mengetahui fase-fase bulan secara realtime. Data cukup akurat dan detail seperti jarak antar bumi, azimuth, ketinggian bulan, umur bulan, matahari terbit & terbenam, rasi yang dilewati bulan, dan Kalender fase bulan sendiri. Lunafaqt berjalan secara offline.

* Google Skymap
Software simulasi langit yang dikeluarkan oleh google. Google skymap memiliki fitur-fitur yang mengoptimalkan fasilitas dari mobile devices Android.  Memberikan penggunanya beberapa pilhan mode seperti automatic mode dan manual mode dalam menjelajah langit malam. Cocok sekali mengenal rasi-rasi bintang.

* TimeZone Converter
Berfungsi mengkonversi waktu dari zona waktu lain ke zona waktu yang diinginkan termasuk mengkonversi waktu GMT, UT ke waktu Indonesia. Fitur yang diberikan TimeZone Converter mencakup konversi hari, bulan, tahun, jam dan menit.

* Where is Io
Aplikasi penunjuk posisi satelit alam jupiter seperti Io, Europe, Ganymede dan Calisto. Sangat membantu saat sedang mengobservasi planet jupiter beserta satelit nya.  Menampilkan terbit dan terbenam nya planet

* Skeye
Sebenanrya mirip dengan google skymap tpi berlevel advance. Data yang disuguhkan sangat lengkap mulai dari koordinat, aksensiorekta, deklinasi, magnitude. Simbol bintang yang berukuran besar bermagnitude tinggi sedangkan yang rendah diberikan symbol bintang berukuran kecil.

* Sundroid
Memiliki 2 versi yaitu free dan berbayar. Sundroid  gratis dapat menggunakan aplikasi ini untuk menentukan kapan matahari terbit dan terbenam begitu juga dengan bulan dan planet. Fitur yang diberikan sundroid pun sangat lengkap seperti waktu astronomical dawn & dusk, Event harian, tracker matahari bulan dan planet juga kalender astronomi tahunan.

Mari gunakan aplikasi di atas untuk menambah pengetahun dalam perbintangan. Lihat Meteor dan Benda Langit Pakai Android.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *