Hedy Lamarr, Aktris dan Ilmuwan di Google Doodle

Hedy Lamarr, Aktris dan Ilmuwan di Google Doodle. Bagi anak muda zaman sekarang, nama Hedy Lamarr mungkin kurang familiar. Padahal dia bukan orang sembarangan. Google saja memberi tempat khusus di Google Doodle hari ini, 9 September 2015 untuk memperingati HUT ke 101 aktris yang dikarunia paras cantik ini.

Sumber:id.wikipedia.org

Sumber:id.wikipedia.org

Bagaimana bisa, Hedy Lamarr, Aktris dan Ilmuwan di Google Doodle? Selain berkecimpung di dunia senia peran, perempuan kelahiran Vienna, Austria-Hungaria  9 November 1914 ini juga seorang yang berotak moncer. Dia juga seorang ahli dalam bidang matematika. Bayangkan, zaman sekarang mana ada yang aktris yang bisa seperti dia.

Pada Google Doodle, Hedy Lamar diabadikan menjadi, sebuah video yang sangat menarik di halaman depan mesin pencari itu. Aktris ini meninggal pada 19 Februari 2000 pada usia 85 tahun.

Hedy Lamarr banyak menyumbangkan jasa, materi dan pikirannya untuk sains dan teknologi hingga berkembang seperti sekarang. Nama asli Hedy Lamarr adalah Hedwig Eva Maria Kiesler. Dia salah satu putri dari pianis terkenal yakni Gertrud Kiesler dan Emil Kiesler .

Perjalanan hidupnya cukup menarik. Sebelum menjadi ilmuwan, Hedy Lamarr lebih dahulu menjadi artis Hollywood. Wajar saja, karena sekolah pertama di Berlin adalah latihan teater oleh pengarah, Maz Reinhardt.

Di dunia gemerlap ini, Hedy Lamarr mencapai kejayaan. Sedikitnya 18 judul film dia bintangi. Dia mulai terkenal setelah membintangi Ecstasy karya Gustav Machatý, sebuah film yang menampilkan cuplikan tokoh yang diperankannya saat melakukan orgasme di salah satu adegan dan telanjang bulat di adegan lain.

Pada masa kebintangannya mulai berkurang, Hedy Lamarr melakukan riset besar-besaran dengan berbagai kajian ilmu yang telah dimilikinya. Hasil ciptaannya kini dimasukkan ke dalam teknologi seperti WiFi, (CDMA) dan Bluetooth.

Lamarr bersama komponis George Antheil menemukan sebuah teknik komunikasi spektrum sebar dan perpindahan frekuensi pertama yang diperlukan untuk melakukan komunikasi nirkabel sejak zaman pra-komputer sampai sekarang.

Hedy Lamarr mencatatkan diri sebagai promotor Sains Dan teknologi Modern pada masanya. Hedy Lamarr mengalami masalah pada jantung pada 2000 dan menghembuskan nafas terakhirnya. Demikian kisah singkat Hedy Lamarr, Aktris dan Ilmuwan di Google Doodle.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *