Google Doodle Peringati Hari Ayah Nasional

Google Doodle Peringati Hari Ayah Nasional. Tahukah Anda bahwa hari ni 12 November diperingati sebagai Hari Ayah atau Hari Bapak Nasional? Kalau belum tahu, berarti Anda ketinggalan dari Google. Sebab, raksasa mesin pencari ini lebih dahulu mengingatkan lewat Google Doodle bahwa hari ini adalah Hari Ayah Nasional.

Sumber:google

Sumber:google

Jika Google Doodle Peringati Hari Ayah Nasional, beararti hari ini demikian penting. Sebab, tampilan Googel Doodle selalu mengacu pada hari-hari bersejarah di dunia. Kali ini, pada 12 November 2015 Google Doodle dihiasi animasi lucu menggambarkan hubungan ayah dan anak.

Coba buka situs Google, di tampilannya terlihat penguin jantan mengerami telurnya. Kalau diklik, gambar animasi penguin berubah menjadi serigala yang melolong bersama anaknya. Kemudian berubah lagi hingga menjadi seorang ayah yang menggendong putri kecilnya.

Memang, Hari ayah ini belum sepopuler Hari Ibu yang di Indonesia diperingati tiap 22 Desember.  Tapi uniknya, Hari Ayah Nasional ini diprakarsai bukan oleh kaum ada melainkan oleh aktivis perempuan.

Ceritanya begini, pada 12 November 2006, perempuan yang tergabung dalam Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) menggelar deklarasi Hari Ayah di Pendopo Gede Balai Kota Solo, Jawa Tengah. Nah, deklarasi ini digelar bersamaan oleh beberapa anggota PPIP lainnya di Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Piagam deklarasi Hari Ayah dan buku Kenangan untuk Ayah diserahkan kepada Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta bupati di empat penjuru Indonesia, yakni Sabang, Merauke, Sangir Talaud, dan Pulau Rote.

Jika Indonesia memperingati hari ayah setiap 12 November, Hari Ayah di negara lain dirayakan dalam waktu berbeda. Di Serbia dirayakan setiap 6 Januari. Di Korea Selatan Hari Ayah setiap 8 Mei. Di Amerika Serikat, Jepang dan India merayakannya setiap pekan ketiga Juni.

Di puluhan negara tersebut, perayaan Hari Ayah sudah dimulai sejak awal abad ke-12. Biasanya, Hari Ayah dirayakan dengan pemberian hadiah kepada ayah dan kegiatan kekeluargaan.
Ayah tulang punggung, sandaran, dan juga pelindung dalam satu buah rumah tangga. Di sejumlah negara Eropa dan juga Timur Tengah, Hari Laki-laki Internasional ataupun International Men’s Day (dalam bahasa Inggris) diperingati tiap 19 November.

Bagi ayah-ayah di seluruh dunia, tak usah risau karena peran ibu dianggap lebih dominan. Peran ayah pun sebenarnya tak kalah. Buktinya, Google Doodle Peringati Hari Ayah Nasional.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *