Safety Check, Persembahan Facebook untuk Paris

Safety Check, Persembahan Facebook untuk Paris. Paris saat ini kembali jadi pusat perhatian. Ibu Kota Perancis ini kembali mengalami teror. Sejumlah serangan terjadi. Ratusan orang tewas. Paris pun berduka. Serangan ini menambah panjang deretan teror yang perah terjadi di negeri ini.

Sumber:directionsmag.com

Sumber:directionsmag.com

Safety Check, Persembahan Facebook untuk Paris. Terkait serangan ini, jejaring sosial Facebook sampai-sampai mengaktifkan fitur ‘Safety Check’ untuk merespons atas serangan itu. Lantas, apa itu fitur Safety Check? Jadi, fitur ini memungkinkan pengguna di daerah yang terkena serangan untuk melaporkan statusnya. Misalnya, apakah selamat dari serangan atau tidak.

Seandainya pengguna berada di daerah serangan, sistem Facebook secara otomatis mengirimkan notifikasi. Notifikasi seperti ini, “Apakah Anda baik-baik saja? Tampaknya Anda berada di area serangan di Paris”.

Apabila pengguna memilih pesan “aman”, sistem secara otomatis mengirimkan notifikasi kepada semua kontak yang ada di akunnya. Isinya, menyatakan si pengguna dalam keadaan baik-baik saja.

Situs Safety Check juga bisa dikunjungi untuk melihat status teman-teman yang ada di area terdampak serangan. Teman-teman Facebook pengguna bisa berkontribusi untuk meng-update status, jika mengetahui keadaan teman yang ada di daerah serangan.

Fitur Safety Check dikembangkan sebagai sistem informasi saat terjadi bencana, seperti gempa bumi atau banjir. Tetapi, untuk kasus serangan Facebook sedikit memodifikasinya.

Sebenarnya, fitur tersebut diperkenalkan untuk pertama kalinya pada tahun 2014. Kala itu, Facebook menyatakan terinspirasi dengan peristiwa bencana gempa bumi yang menimpa Jepang di tahun 2011. Safety Check juga sudah pernah diaktifkan saat gempa Nepal pada awal tahun ini.

Disarikan dari wikipedia, Paris adalah ibu kota Perancis. Terletak di sungai Seine, di utara Perancis, di jantung region Île-de-France. Kota Paris pada batas administratifnya memiliki penduduk 2.167.994 jiwa berdasar sensus Januari 2006.  Wilayah urbannya memanjang ke luar batas kota administratif dengan perkiraan penduduk 9,93 juta jiwa pada 2005. Sedangkan wilayah metropolitan memiliki penduduk hampir 12 juta jiwa.

Paris menjadi salah satu pusat bisnis dan budaya terdepan di dunia, dan campuran politik, pendidikan, hiburan, media, fashion, sains dan seni semuanya membantu statusnya sebagai salah satu kota global terbesar di dunia.

Selain itu, Paris adalah kota tujuan turis paling populer di dunia, dengan 30 juta pengunjung asing per tahun.  Terdapat sejumlah marka tanah terkenal di antara berbagai atraksinya, bersama dengan institusi terkenal dan taman terpopuler di dunia. Jangan lupa, ada Safety Check, Persembahan Facebook untuk Paris.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *