Mengenal Teknologi SIM Online

Mengenal Teknologi SIM Online. Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah syarat mutlak harus dimiliki pengendara. Namun, yang menjadi kendala bagi pemiliknya adalah saat memperpanjang masa berlaku SIM.  Alasan kesibukan sering menjadikan pemegang SIM malas mengurusnya. Akibatnya, perpanjangan bisa batal, dan masa berlaku SIM pun habis. Tapi, kini sudah ada pengiriman SIM Online.

Sumber:tribunnews

Sumber:tribunnews

Mengenal Teknologi SIM Online. Tapi kini, pemegang SIM tak perlu repot lagi. Korps Lalu Lintas Polri telah meluncurkan fasilitas SIM Online. Program ini adalah inovasi Polri untuk mempermudah pelayanan masyarakat.

Kelebihan program SIM Online adalah, mempermudah proses perpanjangan SIM di tiap-tiap daerah. Misalnya, seseorang memiliki SIM asal dari kota tertentu dapat memperpanjang SIM di luar daerah tempat domisilinya saat itu.

Pemilik SIM tinggal mendaftar secara online di www.korlantas.polri.go.id dan mengisi data-data yang ditetapkan. Nah, di website itu, pemilik SIM diharuskan mengisi seperti ujian pengetahuan tentang berkendara dan aturan lalu lintas.

Selanjutnya, pemilik SIM tinggal datangi lokasi-lokasi SIM keliling atau Polres untuk mengurus sisanya. Maksudnya, membayar dan melakukan tes kesehatan, serta foto dan cap jari. Untuk diketahui, program ini bekerja sama dengan BRI.

Kalau dihitung-hitung, proses perpanjangan SIM oline ini cepat.  Prosesnya pun cepat hanya 3 sampai 5 menit. Pelayanan SIM Online dapat dilakukan di gerai, bus pelayanan SIM keliling, dan 45 Satuan Pelaksanaan Administrasi (Satpas) di 38 Polda di Indonesia.

Syarat dan prosedur perpajangan SIM Online:
– Membawa SIM dan KTP asli yang masih berlaku
– Warga diarahkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, meliputi pemeriksaan mata, tensi darah dan perawakan
– Kemudian, warga diarahkan pembayaran administrasi Pendapatan Asli Bukan Pajak ke BRI. Perpanjang SIM A Rp 80 ribu plus bayar kesehatan Rp 25 ribu (tergantung daerah masing-masing). Perpanjang SIM C Rp 75 ribu. Dianjurkan membayar asuransi kecelakaan Rp 30 ribu – Warga diarahkan untuk mengisi formulir dan input data online
– Identifikasi atau foto kemudian SIM dicetak

Untuk diketahui, jangan salah mengerti dengan istilah SIM Online. Jadi, SIM Online itu berdasar pada sistem database yang disamakan bisa diakses secara nasional. Bukan bisa perpanjang sendiri masa berlaku SIM lewat internet. Tapi, bisa mengakses situs SIM online untuk ambil nomor antrean lebih awal. Demikian, Mengenal Teknologi SIM Online.

Please follow and like us:

One thought on “Mengenal Teknologi SIM Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *