Spesial BKS Iyengar di Google Doodle

Spesial BKS Iyengar di Google Doodle. Hari ini tampilan Google sedikit berbeda. Pada screen di Google Doodle terlihat gambar animasi seseorang memeragakan gerakan yoga. Kenapa Google mengubah tampilannya demikian? Ternyata Hari ini, 14 Desember 2015 adalah hari lahirnya Bellur Krishnamachar Sundararaja (B KS) Iyengar, pendiri Iyengar Yoga, merupakan salah satu pelatih yoga terkenal di dunia.

Sumber:Google

Sumber:Google

Ya, hari ini adalah hari Spesial BKS Iyengar di Google Doodle. Untuk menghargai BKS Iyengar, Google membuat gambar animasi menarik. Seorang pria bermaubt putih berkulit cokelat memeragakan berbagai gerakan yoga. Gambar pria itu representasi dari sosok Bellur Krishnamachar Sundararaja Iyengar.

Lantas, siapa sosok BKS Iyengar? Mungkin belum semua orang mengetahuinya. Kalau menurut wikipedia, BKS Iyengar bernama asli Bellur Krishnamachar Sundararaja Iyengar. Pria kelahiran 14 Desember 1918 ini meninggal 20 Agustus 2014 pada usia 95 tahun. Dia dikenal sebagai pendiri Iyengar Yoga. Iyengar juga menulis berbagai buku tentang praktik yoga dan filosofi. Beberapa bukunya adalah Light on Yoga, Light on Pranayama, dan Light on the Yoga Sutras of Patanjali.

BKS Iyengar memulai praktik yoga setelah lulus dari sebuah sekolah yoga di Kota Pune, India, pada 1973. Dia mengembangkan praktik yoga menggunakan beberapa alat bantu. Di antaranya tali dan ikat pinggang. Praktik ini memudahkan orang-orang untuk menjalankan yoga.

Hal ini pula yang membuat praktik yoga ala BKS Iyengar mendapat sambutan luas tidak hanya di negerinya tapi sampai ke mancanegara. BKS Iyengar bertambah besar pengaruhnya di dunia yoga ketika meluncurkan buku panduan yoga berjudul Light on Yoga. Untuk diketahui, buku ini telah diterjemahkan dalam 17 bahasa dan laku puluhan juta copy! Bahkan, berkat buku ini, BKS Iyengar menjadi rujukan utama perkembangan praktik yoga di seluruh dunia.

Sejumlah penghargaan dikantongi BKS Iyengar atas prestaisnya. Dia mendapat penghargaan Padma Shri pada 1991, Padma Bhushan pada 2002 dan 2014 untuk Padma Vibhusan. Pada 11 tahun lalu, BKS Iyengar dinobatkan sebagai 100 orang paling berpengaruh di dunia oleh majalah Time.

Iyengar lahir pada 14 Desember 1918 di Belur, Karnataka, India, saat wabah flu menyerang wilayah setempat. Ibundanya turut terjangkit flu ketika melahirkan Iyengar. Kondisi fisik Iengar saat lahir terbilang lemah. Beranjak remaja terkena malaria, tipus, dan TBC. Iyengar meninggal dunia pada 20 Agustus 2014. Dia meninggalkan simpati luas dari masyarakat dunia. Ya, dia Spesial BKS Iyengar di Google Doodle.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *