Ini, Puzzle Ludwig Van Beethoven

Ini, Puzzle Ludwig Van Beethoven. Google Doodle edisi hari in sangat berbeda. Ya, memang biasanya tampilan search engine Google berubah pada waktu-waktu tertentu menyesuaikan dengan hari-hari spesial yang ikut dirayakan Google Doodle. Khusus 17 Desember, Google Doodle demikian spesial karena bertepatan dengar hari lahirnya komponis ternama Ludwig Van Beethoven.

Sumber:google

Sumber:google

Ini, Puzzle Ludwig Van Beethoven. Sebelum bicara tentang tampilan Google Doodle, ada baiknya mengenal dulu siapa sebenarnya Beethoven. Ludwig van Beethoven satu komposer terkenal asal Jerman dan berpengaruh sepanjang masa. Karyanya pailing terkenal adalah Symphony No 9 dan Symphony No 5 serta lagu piano Für Elise.

Tidak jelas kapan tepatnya Beethoven lahir. Tapi menurut situs wikipedia, dia dibaptis 17 Desember 1770 di Bonn dan wafat 26 Maret 1827 di Wina, Austria. Jika dikalkulasi maka pada 2015 ini, usia Beethoven mencapai ke-245.

Satu kelebihan Beethoven adalah, dia mampu berkarya dan termashur padahal dia sudah kehilangan pendengarannnya (tuli). Kendati demikian, musik Beethoven memang unggul dan ia memainkan peran penting dalam transisi antara era Klasik dan Romantik dalam dunia musik Barat.

Semasa hidupnya Ludwig van Beethoven memberikan pengaruh besar pada musik klasik. Beethoven tercatat sebagai komponis yang berhasil melakukan transisi apik antara musik klasik dan romantis ke dalam musik barat modern. Karyanya Simponi 5 (Fifth symphony) menjadi master piece yang selalu dimainkan dalam setiap konser musik klasik di seluruh dunia.

Demi menghargai kebesaran Beeethoven, Google Doodle didesain khusus oleh seorang desainer bernama Leon Hong (seniman Nate Swinehart) dan insinyur Jonathan Shneier serta Jordan Thompson. Mereka bikin animasi puzzle musikal. Intinya adalah penggambaran perjalanan Ludwig ke balai simfoni dengan berbagai hambatan yang dihadapi. Satu diantaranya lembaran kertas karyanya dimakan seekor kuda.

Lantas, bagaimana cara memainkan game unik ini? Pemain harus mengatur lembaran kertas notasi musik menjadi urutan yang benar sehingga beberapa karya Beethoven terdengar dengan benar. Di antara karya Beethoven yang dibkin puzzle adalah Simfony No 5, Für Elise, Moonlight Sonata dan ‘Simfony No 9 atau Ode to Joy.

Berikut Game Puzzle Beethoven pada Google Doodle :
* Fifth Symphony (Puzzle-1)
* Fur Elise (Puzzle-2)
* Moonlight Sonata (Puzzle-3)
* Ode to Joy (Puzzle-4)

Setelah semua Puzzle terpecahkan, Beethoven akan menjadi dirigen pertunjukkan sebuah musik, Ini, Puzzle Ludwig Van Beethoven.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *