Tsunami Aceh dan Aplikasi Pendeteksinya

Tsunami Aceh dan Aplikasi Pendeteksinya. Pada 26 Desember 2004, Aceh dilanda tusnami yang sangat besar. Puluhan ribu nyawa melayang, sebagian besar bangunan di Aceh rusak. Dampak tsunami saat itu sangat besar sehingga menyadarkan banyak orang tentang pentingnya deteksi dini bencana.

Sumber:insertapps.com

Sumber:insertapps.com

Tsunami Aceh dan Aplikasi Pendeteksinya. Satu dasawarsa berlalu. Kini, ada aplikasi waspada bencana dan wisata virtual Tsunami Aceh serta aplikasi untuk menjejaki sejarah masa lalu. Aplikasi ni bikinan dua ilmuwan Jepang Dr Yamamoto Hiroyuki dan Dr Nishi Yoshimi. Dua palikasi ini menggunakan sistem operasi Android. Namanya adalah Aceh Tsunami  Mobile Museum (ATMM) dan Menjejaki  Kenangan (Memory Hunting).

ATTM ini, dikembangkan dengan melibatkan Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC), Universitas Syiah Kuala, Aceh. Pada intinya aplikasi ini semacam alat deteksi dini.
Teknologi yang digunakan augmented reality (AR). Bisa diakses perubahan dan perkembangan Kota Banda Aceh dan sekitarnya pasca-Tsunami dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir.

Aplikasi ini jadi panduan virtual bagi penncari informasi seputar bencana Tsunami di dalam museum-museum Tsunami yang ada di Aceh serta foto keadaan beberapa landmark Aceh pasca-Tsunami dalam kurun waktu 10 tahun.

Sedangkan aplikasi Menjejaki Kenangan (Memory Hunting), satu kesatuan dengan ATMM. Pengguna dapat ikut memberi kontribusi. Caranya mengunggah foto hasil jepreten untuk memperkaya konten Memory Hunting.

Setiap konten yang berasal dari masyarakat tentunya harus melalui seleksi oleh sang pengembang. Hal ini dimaksudkan agar setiap foto yang masuk sesuai dengan konteks dan konten yang ditayangkan.

Selain dua aplikasi di atas, ada beberapa aplikadi Android yang bisa digunakan untuk memantau bencana alam, termasuk tsunami.

* Disaster Alert
Bisa mendeteksi adanya bencana yang kemungkinan besar akan Anda alami. Sangat membantu untuk bisa menyelamatkan diri pada saat bencana diramalkan akan terjadi.  Pembuat aplikasi ini merupakan IT profesional yang sangat peduli dengan banyaknya bencana yang terjadi di era modern ini.

* Tsunami alert
Bisa tahu jika ada bahaya tsunami Aplikasi yang satu ini memang sangat cocok untuk digunakan bagi mereka yang tinggal di dekat laut dan tidak tau kapan bencana yang besar akan terjadi.

Tidak ada salahnya jika memasang satu di antara aplikasi pemantau tsunami di atas karena jelas manfaatnya. Mungkin pilihan Anda pada Tsunami Aceh dan Aplikasi Pendeteksinya.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *