Begini Cara Menghemat Kuota Internet

Begini Cara Menghemat Kuota Internet. Ada banyak paket internet ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan telekomunikasi di tanah air. Semua tawaran menggiurkan, mulai paket data yang besar dan mendukung koneksi internet yang kencang. Namun, sebaik apapun paket internet yang digunakan, tapi jika penggunaan paket data tersebut boros, tetap saja alokasi untuk pembelian paket data internet tak terkendali.

Sumber: www.telegraph.co.uk

Sumber: www.telegraph.co.uk

Begini Cara Menghemat Kuota Internet. Ada dua pilihan paket data internet yang lazim beredar di masyarakat. Pertama paket unlimited dan kedua berdasar pada kuota. Sama-sama memiliki batas kewajaran pemakaian, namun paket unlimited lebih unggul.

Seiring makin banyaknya komunikasi yang dilakukan menggunakan ponsel, kebutuhan paket data atau kuota internet pun semakin besar. Tapi perhatikan, jangan sampai kebutuhan tersebut justru membuat Anda jadi boros.

Saat ini, pengguna bisa memilih antara paket internet unlimited atau berdasarkan kuota. Keduanya sama-sama punya batas wajar pemakaian. Adapun perbedaannya adalah kalau paket unlimited, pengguna masih bisa mengakses internet meski kecepatannya melambat. Pada paket kuota, koneksi internet langsung putus lho.

Paket data apa pun yang digunakan, pengguna harus tetap menghemat demi koneksi ke internet tetap lancar dan tidak menguras isi kantong. Sebenarnya bisa disiasati dengan mencari atau menghubungkan ponsel ke WiFi setiap kali sedang berada di tempat penyedia koneksi internet gratis.

Namun, kalau ketiadaan WiFi, bisa disiasati dengan memberi perlakukan khusus pada sebagai berikut:

* Pembatasan penggunaan data
Sebelum menghemat penggunaan data, ada baiknya pengguna mengenali tipe-tipe konsumsi datanya. Selain menggunakan aplikasi bawaan, ada juga aplikasi buatan pihak ketiga yang bisa dipakai menghitung konsumsi data. Misalnya, pengguna Android bisa mencoba aplikasi bernama Onavo Count untuk melacak penggunaan data.

* Hindari update otomatis
Jika tak terkendali, fitur ini malah jadi jebakan yang bisa membabat habis kuota data. Matikan fitur ini, lakukan pembaruan aplikasi secara manual atau otomatis hanya saat terkoneksi dengan WiFi.

* Mengurangi unduhan aplikasi

Kurangi mengunduh aplikasi melalui koneksi seluler. Sebab akan memakan banyak kuota data, apalagi jika sering dilakukan. Bila harus mengunduh sebaiknya mencari koneksi WiFi gratis atau lakukan saat berada di lokasi-lokasi tertentu yang memang menawarkan WiFi. Cara lain, cobalah mengunduh aplikasi.

* Menonton video online
Streaming video salah satu layanan yang membutuhkan data dalam jumlah besar.
Jika memang harus menonton via koneksi seluler, dapat diakali dengan menurunkan kualitas video. YouTube punya fitur baru yang bikin penggunanya bisa menonton video offline.

* Kompresi data di browser

Sejumlah peramban atau browser memiliki fitur bawaan yang otomatis memampatkan dataKeduanya menggunakan server mereka sendiri untuk mengompres data situs yang dikunjungi pengguna, lalu mengirimkannya dalam bentuk data yang sudah diperkecil. Begini Cara Menghemat Kuota Internet.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *