Charles Perrault dan Dongengnya Bersama Google Doodle

Charles Perrault dan Dongengnya Bersama Google Doodle. Hari ini, tepat 12 Januari 2016 merupakan ulang tahun ke-388 Charles Perrault. Siapa dia? Kamu tahu, cerita Cinderella atau Sleeping Beauty (Putri Tidur)? Nah, Charles Perrault adalah penulis dongeng kisah-kisah klasik yang mendunia itu. Demi menghormati kelahiran Charles Perrault, Google memasang tiga gambar dongeng yang berganti-ganti di Google Doodle.

Sumber:google

Sumber:google

Charles Perrault dan Dongengnya Bersama Google Doodle. Jika gambar kartun Google Doodle itu diklik, maka netizen langsung dibawa kepada pilihan situs-situs yang bercerita tentang Charles Perrault. Maka, terserah Anda, mau mencari informasi apa terkait Charles Perrault. Tinggal klik datu di antara banyak situs tersebut.

Pada situs wikipedia.org disebutkan, Charles Perrault lahir di Paris, Perancis pada 12 Januari 1628. Dia meninggal dunia, juga di Paris pada 16 Mei 1703 saat usianya 75 tahun. Charles dikenal sebagai seorang penulis dongeng dan teori sastra. Dia juga seorang pengarang puisi handal.

Google Doodle Charles Perrault2

Sumber:google

Charles memulai berkecimpung di dunia sastra saat menulis puisi dan ayat berisi sidiran berjudul The Burlesque Aeneid (1948). Ada cukup banyak karya Charles Perrault. Di antaranya sebagai berikut:

1. Si Kerudung Merah (Le petit chaperon rouge/Little Red Riding Hood)
2. Putri Tidur (La belle au bois dormant/The Sleeping Beauty in the Wood)
3. Kucing dalam Sepatu Bot (Le Maistre Chat, ou le Chat Bott/The Master Cat, or, Puss in Boots)
4. Cinderella (Cendrillon, ou la petite pantoufle de verre/Cinderella, or, The Little Glass Slipper)
5. Tiga Permintaan
6. Kulit Keledai (Donkey-skin)
7. La Barbe blee (Blue Beard)
8. Les Fes (The Fairies)
9. Riquet la Houppe (Ricky of the Tuft)
10.Le petit Pouet (Little Thumb)

Sumber:google

Sumber:google

Beberapa dongeng Charles diceritakan kembali dalam versi yang berbeda oleh Grimm bersaudara. Namun, cerita asli yang ditulis Charles lebih kontras dengan versi dongeng Grimm bersaudara, contohnya cerita Si kerudung merah yang tidak selamat di akhir cerita dan Putri Tidur yang menikah dengan pangeran namun ternyata putri tersebut adalah raksasa.

Saat berumur 67 tahun atau di tahun 1695, Perrault menulis buku berjudul ‘Tales and Stories of the Past with Morals’ yang sangat terkenal. Buku ini mirip kumpulan dongeng legendaris, misalnya Cinderella, Puss in Boots, sampai Mother Goose. Charles Perrault dan Dongengnya Bersama Google Doodle.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *