Siapa Sophie Taeuber-Arp Itu

Siapa Sophie Taeuber-Arp Itu? Hari ini Google Doodle memperlihatkan karakter unik. Tulisan Google yang biasanya jelas, berubah menjadi berbentuk abstrak dengan aneka warna. Ternyata, itu dilakukan Google untuk memperingati hari lahir Sophiie Taeuber-Arp, seorang seniman perempuan berpengaruh, namun kurang familiar di mata publik dunia.

Sumber:google doodle

Sumber:google doodle

Nah, terjawab sudah Siapa Sophie Taeuber-Arp Itu. Nama seniman asal Swiss ini memang asing di telinga. Namun Google merayakan ulang tahunnya yang ke-127 pada Selasa (19/1) dengan membikin gambar abstrak di Google Doodle.

Sophie Taeuber-Arp lahir di Davos, Swiss pada 1889. Semula dia dikenal dengan nama Sophie Henriette Gertrude Taeuber. Dia mulai belajar gambar ketika mengenyam pendidikan di School of Applied and Free Art, Munich, Jerman, lalu pindah ke Zurich pada 1915.

Kepindahan Sophie ke ibu kota Swiss itu membawa dampak positif. Dia bertemu dengan pemahat sekaligus pelukis asal Perancis, Hans Arp, menjadi suaminya sejak 1922. Keduanya mulai dikenal dengan sederet karya bergaya abstrak diproduksi di bawah Duo Collages.

Mereka kerap melakukan eksperimen dengan berbagai gaya. Seperti garis-garis teratur, bayangan geometris yang mengalir dengan begitu bebas, hingga figur manusia yang dilukiskan abstrak. Sebelum pindah ke Strasburg dan Paris, Sophie juga sempat mendalami ilmu menenun.

Sebelum meninggal pada 1943 karena keracunan karbon monoksida, karya Sophie Taeuber-Arp terus menghiasi pemberontakan Dada yang meletus setalah Perang Dunia I.

Sophie Taeuber-Arp memiliki banyak bakat, mulai dari melukis, pematung, dan bahkan ia juga mahir menari. Ia dianggap sebagai satu seniman paling penting dari abstraksi geometris dari abad ke-20.

Ayahnya apoteker yang harus meninggalkan Sophie Taeuber-Arp lantaran sakit TBC ketika masih berusia 2 tahun. Setelah itu dia bersama dengan ibunya, Sophie Taeuber-Kruisi pindah ke Trogen, dimana awal sekolah seninya dimulai di School of Applied Arts di St. Gallen.

Sumber:wikipedia

Sumber:wikipedia

Biofile:
– Nama : Sophie Taeuber-Arp
– Lahir : 19 Januari 1889 Davos, Swiss – 13 Januari 1943 (umur 53) Swiss
– Pendidikan : Sekolah Seni Terapan, St Gallen
– Karya Terkenal : Patung, Lukisan

Menghargai karya besar dari Sophie Taeuber-Arp, Google menghadirkan Doodle abstrak. Terjawab sudah Siapa Sophie Taeuber-Arp Itu.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *