Rumah Dilem, Ucapkan Selamat Tinggal pada Paku

Rumah Dilem, Ucapkan Selamat Tinggal pada Paku. Pada zaman sekarang, lebih mudah untuk membangun rumah ketimbang zaman dulu. Apalagi ada teknologi baru yakni prefabrikasi. Dengan adanya teknologi ini, komponen rumah, mulai dinding, langit-langit, lantai, hingga atap, dibuat di pabrik. Lantas, apa tugas dari pekerja bangunan alias tukang? Mereka tinggal merakitnya menjadi sebuah rumah. Teknologi prefabrikasi ini didukung pula pita perekat khusus. Pita ini menggantikan paku. Ucapkan selamat tinggal pada paku.

Sumber:google

Sumber:google

Rumah Dilem, Ucapkan Selamat Tinggal pada Paku. Jangan sedih dulu gara-gara ditinggal paku. Malah bagus kan, budget bikin rumah berkurangan untuk berli paku. Nah, rumah prefabrikasi ternyata sudah banyak dipakai di negara-negara maju. Kelebihannya, rumah model ini dapat dibangun dalam beberapa hari. Bandingkan dengan membangun rumah cara konvensional bisa membutuhkan waktu berbulan-bulan.

Ada acara tertentu merakit rumah prefabrikasi. Pekerja bangunan harus menyiapkan struktur rangka dari kayu. Sebagaimana diketahui, rangka adalah tempat komponen-komponen rumah menempel.Nah, rangka kayu ini satu-satunya bagian yang dirakit menggunakan paku demi kuat dan aman. Jadi, memang tidak100 persen tanpa paku juga sih. Tapi, bagian rumah lainnya yang berbahan kayu hanya ditempelkan ke rangka dengan pita perekat ajaib tersebut.

Nah, pita perekat ini sangat lengket dan kuat. Pembuatnya adalah tim peneliti gabungan dari Fraunhofer Institute for Wood Research, Wilhelm-Klauditz-Institut, Institute of Joining and Welding di Technische Universität Braunschweig, Jerman.

Mereka mengembangkan perekat adhesif mampu menggabungkan komponen rumah dengan kuat. Penggunaan pita perekat adhesif membuat perencana dan pekerja bangunan lebih fleksibel mendesain komponen rumah. Ta[i ada hal yang bikin sedikit repot. Pekerja harus mau sedikit sebelum menempel perekat adhesif. Komponen rumah terlebih dulu dipanaskan beberapa jam demi membuka pori-pori kayu.

Proses lainnya menyiapkan pita perekat adhesif. Perekat adhesif memiliki sistem pemanas sendiri, berupa strip logam berlapis lem khusus di kedua sisinya. Pekerja bangunan cukup menempelkan pita perekat pada salah satu kayu, merekatkannya dengan kayu lain, lalu mengaliri pita perekat dengan arus listrik melalui strip logam. Strip logam memanas, lem khusus di dua sisinya meleleh. Lem dan meresap ke pori-pori kayu yang tadi dipanaskan. Begitu mendingin, lem khusus itu akan mengikat kayu secara kuat.

Kuningan terbukti menjadi bahan yang ampuh. Namun masih diuji stainless steel dan aluminium sebagai alternatif. Jangan sedih, Rumah Dilem, Ucapkan Selamat Tinggal pada Paku.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *