Bantu Anak Autis dengan Aplikasi Ini

Bantu Anak Autis dengan Aplikasi Ini. Autis dicirikan dengan sulit berkomunikasi baik kontak mata maupun mengendalikan emosi. Anak autis harus mendapat perlakukan khusus, terutama saat terapi. Beruntung, saat ini ada aplikasi yang bisa membantu menangani anak autis.

Sumber:maxmanroe.com

Sumber:maxmanroe.com

Bantu Anak Autis dengan Aplikasi Ini. Ada aplikasi buatuan vendor ternama seperti Samsung, ada pula bikinan anak bangsa alias made in dalam negeri. Lantas, bagaiaman cara penggunaannya, dan aplikasi apa saja yang dimaksud? Berikut ulasan singkatnya.

* Look at Me
Merupakan aplikasi Android bikin Samsung adalah sebuah aplikasi kamera interaktif dirancang membantu anak-anak penderita autis. Bantuan dalam bentulmembaca suasana hati orang lain, memahami ekspresi dan mengingatnya . Diharapkan, anak penderita autis dapat menunjukkan ekspresi lewat kontak mata, ekspresi wajah dan gerak tubuh.

Aplikasi ini dirancang untuk memberikan hiburan kepada anak dengan berbagai misi interaktif disertai sistem poin. Permainan ringan ini dapat diselesaikan dalam waktu seminggu dengan durasi bermain antara 15 hingga 20 menit. Aplikasi Look at Me sudah tersedia di Google Play Store. Bisa diunduh cuma-cuma lho.

* Cakra Croze
Ini adalah aplikasi terapi autis buatan anak muda Indonesia. Buatan seorang mahasiswa bernama M. Rizky Habibie. tergerak untuk menciptakan #aplikasi terapi bagi penderita autis. Aplikasi Cakra Croze memiliki 3 fitur dengan total 77.000 pertanyaan untuk anak-anak. Orangtua anak-anak penderita autis tinggal membantu mengarahkan sang anak untuk memberikan jawaban dan umpan balik terhadap pertanyaan yang diajukan Cakra Croze. Kemudian, Cakra Croze menilai jawaban-jawaban yang berhasil diberikan oleh sang anak penderita autis.

Cakra Croze saat ini masih dirilis dalam versi free trial dan sudah digunakan di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan Makassar. Aplikasi terapi autis ini juga mulai dikembangkan dalam bentuk sistem berbayar dengan tambahan sejumlah fitur-fitur terapi yang baru. Pilihan paket aplikasi Cakra Croze berbayar meliputi Cakra Silver dengan aplikasi dan dukungan hardware, Cakra Gold dengan hardware dan tambahan 137 jenis terapi serta Cakra Custom dengan harga di atas Rp 3,5 juta.

* Autism’s Software House
Autism’s Software House dibkin tiga mahasiswa Universitas Negeri Malang. Merupakan media pembelajaran berbasis game yang juga dapat digunakan sebagai sarana terapi visual anak autis.
Aplikasi ini sebenarnya satu produk dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) kewirausahaan yang digagas oleh Maghfiroh Binti S, Etika Nurcahyani, dan Choirul Ulfa K. Pada 2014 dan berhasil menjadi finalis pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

Nah, diantara tiga aplikasi atau software di atas, mana yang paling cocok menurut Anda paling bagus? Bantu Anak Autis dengan Aplikasi Ini.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *