Siapakah Penemu Televisi, Dia adalah John Logie Baird

Siapakah Penemu Televisi, Dia adalah John Logie Baird. Pria ini kelahiran 13 Agustus 1888 di Skotlandia. Baird sekolah di Technical College Royal dan Universitas Glasgow. Sebenarnya dia ingin ikut berperang pada Perang Dunia I. Namun, karena diganggu kesehatannya yang buruk, Baird mendalami pengetahuan sebagai insinyur listrik.

Sumber:google

Sumber:google

Siapakah Penemu Televisi, Dia adalah John Logie Baird. Kabarnya, sampai berusia 35 tahun, Baird hidup dalam kondisi serba kekurangan. Dia pun bekerja sebagai penjual sepatu dan sales silet. Bayangkan saja, Baird mendapatkan uang hanya cukup untuk membayar makanan, tempat tinggal dan perlengkapan mekanik.

Namun, meskipun hidup serba kekurangan, Baird banyak menghasilkan temuan, di antaranya prototipe untuk penemuan di buat barang barang keperluan rumah tangga seperti kue kaleng, jarum rajut, lampu sepeda, dan string. Baru pada 1923, dia mulai mengotak-atik mesin untuk mentransmisi gambar, sekaligus suara, lewat radio.

Tak lama berselang, dia berhasil mengirim citra kasar melewati transmiter tanpa-kabel ke pesawat penerima yang berjarak beberapa meter. Saking gembiranya percobaannya berhasil, diaberlari ke lantai bawah toko dan membujuk seorang anak muda untuk menjadi orang pertama yang gambarnya di transmisikan oleh televisi.

Hanya dalam waktu semalam, Baird langsung terkenal. Investor pun datang memberinya cukup uang memperbaiki karyanya. Empat tahun kemudian, atau tepatnya pada 1927 dia mengirim sinyal televisi dari London ke Glasgow. Berikutnya pada 1928, mengirimsinyal dari London ke New York.

Setelah penemuan Baird, muncul desain tabung sinar katoda dari Vladimir Zworykin untuk televisi. Meskipun demikian, Baird terus berusaha meningkatkan desain televisinya menjadi lebih baik. Baird juga membantu mengembangkan televisi berwarna alam serta besar layar proyeksi. Belakangan, layar proyeksi ini memungkinkan televisi bisa dilihat publik di layar film.

John Logie Baird meninggal dunia di Bexhill-on-Sea, East Sussex, Inggris, 14 Juni 1946 pada usia 57 tahun. Google Doodle mengapresiasi peristiwa pertama kali televisi diperkenalkan pada 26 Januari (90 tahun lalu) dengan memajang gambar animasi unik seperti sebuah televisi warna hitam. Di sisi kiri televisi terlihat wajah John Logie Baird. So, Siapakah Penemu Televisi, Dia adalah John Logie Baird.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *