Beatrice Tinsley, Astronom Cantik di Google Doodle

Beatrice Tinsley, Astronom Cantik di Google Doodle. Memperingati kelahirannya yang ke 75 (27 Januari), Google mengubah animasi di Google Doodle menjadi tampilan seorang perempuan memegang teropong bintang sedan mengamati langit. Sementara di langit trerlihat meteor melintas. Jika gambar animasi diklik, muncul deretan informasi mengenai Beatrice Tinsley.

Sumber:google

Sumber:google

Mau tahu lebih jauh mengenai Beatrice Tinsley, Astronom Cantik di Google Doodle? Berikut penjelasannya. Beaitrcie Tinsley adalah seorang ahli dengan pemikiran orisinal di bidang astronomi. Perempuan kelahiran Britania Raya ini bertanggung jawab atas sederet penemuan terkait bagaimana semesta bergerak selaras dengan waktu.

Satu poenemuan Beatrice Tinsley adalah memecahkan misteri terkait waktu lampau dan mendatang galaksi. Beatrice menghitung tak hanya dari rupa galaksi sekarang, namun bagaimana berjuta-juta tahun ke depan menggunakan formasi asli dari bintang itu sendiri.

Rupanya, penemuan Beatrice memengaruhi teori tentang Big Bang. Penelitian yang dilakukan Beatrice mengubah standar metode untuk menentukan jarak galaksi. Secara tak langsung, perhitungan itu pun berdampak pada ukuran alam semesta. Dasar pemikiran tersebut direpresentasikan dalam bentuk teori Big Bang.

Namun, dia meninggal saat kariernya sedang gemilang. Setelah empat tahun meninggalkan keluarganya, Universitas Yale menjadikan Beatrice sebagai profesor astronomi. Selama enam tahun berada di sana, Beatrice Tinsley mempublikasi banyak penemuan. Hanya dinikmati sebentar, Beatrice meninggal di usia muda, yakni 40 tahun karena kanker.

Kosmolog kelahiran Inggris yang berhijrah ke Selandia Baru dan Texas itu membuat banyak terobosan ilmiah penting. Perempuan punya nama lengkap Beatrice Muriel Hill Tinsley ini berimigrasi ke Selandia Baru bersama keluarganya setelah Perang Dunia II. Setelah kepergiannya, untuk mengenang jasa-jasanya pada 2010, pemerintah Selandia Baru mengabadikan nama sang astronom pada nama satu gunung di Pegunungan Fiorlands Kepler.

Sumber:wikipedia

Sumber:wikipedia

Berikut Fakta menarik tentang Beatrice Tinsley, Astronom Cantik di Google Doodle:
* Mengubah pemahaman astronomi bahwa tingkat ekspansi galaksi dapat dihitung
* Memiliki pemikirannya mendobrak. Tinsley mengubah metode standar yang biasa digunakan
untuk menentukan galaksi berjarak jauh
* Pernah dipecat. Tinsley pernah diberhentikan dari pekerjaannya di Christchurch, Selandia Baru. Tapi diia ditawari beasiswa di Center for Advanced Studies Texas untuk mendapat gelar PhD.
*Beatrice Tinsley hidup bersama suami dan dua orang anak adopsi. Pada tahun 1974, dia bercerai dari suaminya dan tak lagi hidup bersama anak-anaknya
* Meninggal dunia saat aktif berkarya. Beatrice Tinsley meninggal dunia dalam usia 40 tahun karena kanker.

Semoga bermanfaat, demikian sekilas info tentang Beatrice Tinsley, Astronom Cantik di Google Doodle.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *