Hidetsus Yagi, Orang Jepang Penemu Antena

Hidetsus Yagi, Orang Jepang Penemu Antena. Hari ini, Kamis, 28 Januari 2016 adalah ulang tahun ke-130 Hidetsus Yagi. Google memberi tempat khusus di Google Doodle dengan membuat animasi orang sedang memasang antena. Ya, Hidetsus Yagi adalah penemu antena. Sampai sekarang antena masih memegang peran untuk menangkap sinyal yang dipancatkan stasiun televisi. Walaupun perlahan, sejak ada tv digital, peran antena mulai ditinggalkan.

Sumber:google

Sumber:google

Hidetsus Yagi, Orang Jepang Penemu Antena. Dia seorang profesor di Departemen Teknik di Universitas Tohoku, Jepang. Fokus penelitiannya adalah tentang gelombang ultrashort. Temuan Hidetsus Yagi yakni gelombang listrik dapat sangat diterima di bawah kondisi tertentu.

Ditemani Shintaro Uda dari Yagi Laboratorium, Hidetsus Yagi membuat antena untuk gelombang ultrashort. Sayang, di awal penemuannya tak mendapat respons di negaranya. Sebaliknya, negara asing mengembangkan penemuan Hidetsus Yagi. Teknologi radar dikembangkan menggunakan antena Yagi di Amerika Serikat dan Eropa.

Saat tentara Jepang menduduki Singapura 1942, mereka menyita perangkat radar yangdibuat dari teknologi pengembangan antena Hidetsus Yagi. Suatu keunikan karena antena Hidetsus Yagi digunakan musuh Jepang. Baru setelah Perang Duni II berakhir, antena mulai dipakai di rumah penduduk hampir semua negara di dunia.

Mengutip artikel di wikipedia, Hidetsus Yagi bekerja di Universitas Tohoku. Dia menulis sejumlah artikel yang memperkenalkan model antena anyar dengan temannya Shintaro Uda ke dunia berbahasa Inggris. Antena Yagi, memungkinkan adanya komunikasi terarah memakai gelombang elektromagnetik.

Pada 1942, dia menjadi Direktur Fakultas Ilmu Industri Universitas Tokyo. Pada 1944 dia jadi Direktur Jenderal Institut Teknologi dan pada 1946 menjabat Direktur Jenderal Osaka Imperial University.

Beberapa penghargaannya, diantaranya Penghargaan terkemuka Blue Ribbon Award (1951), Order of Merit Budaya (1956) dan besar Asahi Award dari Kelas Pertama (1976). Hidetsus Yagi lahir pada 1886 dan meninggal pada 1976. Dia pernah pergi ke Jerman untuk belajar Resonant Transformer yang dipakai pada Transmitter. Dia bekerja berbarengan Heinrich Barkhausen yang tengah pelajari Vacum Tube CW Oscillation.

Lantaran pecah Perang Dunia I pada tahun 1914, Hidetsus Yagi meninggalkan Jerman serta pergi ke Inggris bekerja pada J. A Flemming di London. Flemming sudah temukan Vacuum Diode serta telah dipakai sebagai Detector pada Radio. Hidetsus Yagi, Orang Jepang Penemu Antena.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *