Begini Cara Menyetel AC yang Benar

Begini Cara Menyetel AC yang Benar. Air Conditioner atau AC sudah jadi alat elektronik yang lumarah di rumah-rumah di perkotaan. Hampir tiap rumah menggunakan AC. Apalagi semenjak ada produk AC ½ PK (Paard kracht), penggunaan pendingin udara ini terus meningkat. Dibanding dulu, AC rata-rata 4 PK atau paling kecil 2 PK. cara menyetel acBegini Cara Menyetel AC yang Benar. Kebanyakan orang kurang mengerti dalam penyetelan temperatur AC. Akibatnya, usia AC menjadi tidak lama (tidak awet). Bahkan, jika hal itu dilakukan terus menerus, bisa berdampak pada kesehatan. Misalnya temperatur diatur dalam suhu 16 derajat Celcius melulu. Lantas, bagaiaman cara menyetel AC yang benar

* Atur Suhu pada 22 Derajat Celcius jika pemakaian lebih dari dua jam
Jika suhu AC diatur di bawah 22 derajat Celcius, maka AC bekerja lebih keras. AC menjadi boros energi dan berimbas pada tagihan listrik yang melonjak. Selain itu, komponen di dalam AC juga bekerja lebih keras hingga cepat aus dan rusak.

Ingat, AC bukan pendingin ruang melainkan pengatur suhu ruang. Patut dipahami bahwa tugas AC menciptakan suhu yang dapat diterima tubuh, yakni suhu kamar berkisar antara 24 hingga 25 derajat Celcius. Perubahansuhu yang drastis justru membahayakan kesehatan.

* Atur mode Cool hindari Auto Dry
Ada baiknya untuk memahami fungsi tombol pada remote AC. Coba atur mode AC ke mode Cool. Fungsi mode Cool adalah mengatur ruang menjadi dingin. Hindari pengaturan mode Auto Dry. Jika diatur demikian, AC maha mengatur kelembaban udara ruang. Jika terlampau kering malah membahayakan kulit, seperti kekeringan dan berkurangnya produksi selaput lendir.

* Rutin Mencuci AC (Servis)
Jika sering dibersihkan, AC pun bikin sehat. Selain itu, penumpukan debu dan kotoran bisa membuat mesin dan komponen AC rusak. Kerugian lain, pemborosan energi. Adapun interval pencucian AC sebagai berikut:
– Pemakaian Normal kurang dari 12 jam per hari, sebaiknya cuci 3 bulan sekali
– Pemakaian Ekstra (tambahan) – 18 jam per hari, cuci 2 bulan sekali
– Pemakaian pada ruang berdebu (pinggir jalan raya), cuci sebulan sekali

* Atur Timer AC ketika Hendak Tidur
Sebaiknya atur suhu menjadi 25 derajat Celcius untuk tidur. Manfaatkan timer agar AC otomatis mati setelah beberapa jam dari waktu tidur agar tidur lebih sehat. Selain itu, penggunaan AC menjadi lebih efisien.

* Atur Sirkulasi Udara Ruang
Setiap pagi, jendela-jendela rumah atau kantor dibuka agar pertukaran udara kamar dengan udara luar lebih segar. Sirkulasi udara ini bertujuan menciptakan ketersediaan udara bersih yang rendah polusi sekaligus menjaga kelembaban dan suhu.

* Bersihkan Debu di dalam Ruang Secara Rutin
Debu adalah musuh utama bagi AC. Selain membawa berbagai macam penyakit, debu juga bisa merusak AC. Debu yang menempel di atas lemari dan pada dinding tersaring oleh AC dan memperberat kerjanya.

* Jeda Waktu On ke Off
Sebaiknya berikan jeda waktu 5 menit saat posisi On ke Off kemudian ke On kembali. Ada proses pada komponen AC yang berlangsung saat terjadinya perubahan dari mode On ke Off berupa pengaturan kembali refrigerant ke dalam sirkulasi yang membutuhkan waktu sekitar 5 menit. Cara seperti ini menjaga umur AC lebih lama. Ya, Begini Cara Menyetel AC yang Benar.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *