Amrita Sher-Gil Jadi Trending Topic di Google

Amrita Sher-Gil Jadi Trending Topic di Google.  Amrita Sher-Gil menjadi trending topic di Google setelah gambar animasi di Google Doodle hari ini, 30 Januari 2016 berubah tampilannya menjadi lukisan tiga perempuan. Lukisan itu satu di antara karya dari Amrita Sher-Gil, sang pelukis perempuan asal India.

Sumber:google

Sumber:google

Amrita Sher-Gil Jadi Trending Topic di Google.  Lantas, siapakah Amrita Sher-Gil hingga Google memberi penghargaan dengan menempatkannya di Google Doodle? Amrita Sher-Gil berusia sangat singkat yakni hanya 28 tahun. Dia lahir pada 30 Januari 1913, wafat 5 Desember 1941.

Namun, usianya yang pendek tidak menghalangi dirinya untuk menjadi seorang pelukis terkenal di dunia. Amrita Sher-Gil berdarah campuran, ayah Umrao Singh Sher-Gil Majithia seorang Punjabi Sikh sedangkan ibu Marie Antoinette Gottesmann, seorangYahudi Hungaria. Dia pun dikenal sebagai India Frida Kahlo.

Amrita-Sher-Gil-Pelukis-India-Yang-Lahir-di-103-Tahun-Lalu

Sumber:wikipedia

Amrita Sher-Gil adalah pelukis wanita penting di abad ke-20. Dia dikenal pula sebagai pelukis wanita ‘paling mahal’ dari India. Berdarah India, namun Amrita Sher-Gil lahir di Budapest, Hongaria.  Ayahnya bangsawan Sikh dan seorang sarjana dalam bahasa Sansekerta dan Persia. Ibunya, Marie Antoinette Gottesmann seorang penyanyi opera.

Amrita Sher-Gil anak tertua perempuan dan memiliki adik perempuan Indira Sundaram (née Sher-Gil), ibu dari artis kontemporer Vivan Sundaram. Kehidupan Amrita sebagian besar di Budapest.  Amrita adalah keponakan dari Indologist Ervin Baktay. Dia membimbing dan mengkritisi pekerjaannya dan memberinya landasan akademik untuk tumbuh.

Lukisan awal Amrita menampilkan pengaruh signifikan dari lukisan mode Barat, terutama seperti yang dilakukan di kalangan Bohemian Paris pada awal 1930-an. Pada 1932, ia membuat pekerjaan penting pertama, Young Girls, yang menyebabkan pemilihannya sebagai Associate Grand Salon di Paris pada tahun 1933, membuatnya menjadi yang termuda dan satu-satunya di Asia menerima pengakuan ini.

Meskipun di awal karirnya dia banyak terpengaruh dengan gaya barat, Amrita akhirnya lebih memilih gaya melukis India dan Pahari. Ia pun banyak menjadikan kondisi wanita di India sebagai objeknya. Di antara karyanya yang terkenal adalah Bride’s Toilet, Brahmacharis, dan South Indian Villagers Going to Market.

Google merayakan hari lahir Amrita melalui Google Doodle khusus. Amrita Sher-Gil Jadi Trending Topic di Google.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *