Empat Teknologi Sederhana Lihat Gerhana

Empat Teknologi Sederhana Lihat Gerhana.  Pada 9 Maret 2016 terjadi peristiwa langka yang termata jarang terjadi. Peristiwa itu adalah gerhana matahari total, terakhir terjadi pada 1982.. Di Sejumlah daerah baik di Indonesia maupun di belahan dunia lainnya, beruntung karena penduduknya bisa menyaksikan gerhana matahari total. Sebagian penduduk dunia lainnya, menyaksikan gerhana matahari sebagian (tidak penuh).

Sumber:youtube

Sumber:youtube

Empat Teknologi Sederhana Lihat Gerhana.  Kejadian langka berlangsung selama 4 menit 9 detik ini,  ini tentu saja menarik minat manusia untuk menyaksikannya. Namun, gerhana matahari tidak disarankan untuk disaksikan dengan mata telan..jang. Menurut para ilmuwan, jika melakukan seperti itu bisa berampak kebutaan pada mata. Oleh karena itu, berbagai macam cara dilakukan untuk menyaksikan gerhana matahari seperti memakai kacamata hitam khusus.

Peristiwa Gerhana Selama 2016:
1. Gerhana Matahari Total, 9 Maret
2. Gerhana Bulan Sebagian, 23 Maret
3. Gerhana Matahari Cincin, 1 September
4. Gerhana Bulan Sebagian, 16 September

Sebenarnya ada teknologi sederhana lainnya yang bisa digunakan untuk menyaksikan gerhana matahari, berikut alat-alat yang bisa digunakan mengamati proses gerhana tersebut.alat lihat gerhana2* Teleskop dan teropong
Baik teropong atau teleskop merupakan alat paling tepat dan aman melihat gerhana matahari secara sempurna. Namun, alat ini membutuhkan dataran tinggi dan tanpa ada halangan.

* Bejana Air
Teleskop merupakan alat yang mahal. Cara lain melihat gerhana dengan metode pantulan. Cara paling sederhana adalah melihat pantulan gerhana pada sebuah bejana air. Namun ada yang melarang menggunakan metode ini karena dianggap masih berbahaya. Melihat gerhana matahari dari pantulan air di baskom atau ember tidak banyak mengurangi intensitas sinar matahari.    alat lihat gerhana7* Lubang Jarum dan Kardus
Mirip metode pantulan. Cara sederhana dan aman ini rinicnya dengan memproyeksikan gerhana  pada sebuah lubang jarum. Pancaran gerhana matahari masuk ke lubang jarum, melalui sebuah mediasi kertas atau alat lainnya sehingga sebuah pantulan gerhana bisa terlihat dengan aman.

Ditambah dengan kardus kosong buat lubang sebesar 2 sentimeter menggunakan pisau atau gunting. Tutup dengan selembar alumunium foil. Lubangi  dengan sebuah jarum. Area ini dihadapkan ke arah gerhana. Sedangkan pada sisi berlawanan, tambahlah bagian yang terproyeksi cahaya gerhana matahari dengan selembar kertas putih.

* Kacamata Hitam
Sayangnya, tak semua kacamata bisa digunakan untuk melihat langsung gerhana matahari. Sebagian kacamata dibuat khusus untuk melihat pancaran tersebut. Pastikan pengguna memiliki kacamata yang memang direkomendasikan oleh toko atau dokter dapat digunakan untuk melihat kejadian gerhana matahari. alat lihat gerhana4-1Kacamata khusus, biasanya hadir dengan bahan sejenis kromium atau alumunium untuk melemahkan pancaran radiasi inframerah. Bahan tersebut merupakan sebuah filter bisa mengurangi dampak berbahaya yang terjadi saat melihat gerhana matahari. Empat Teknologi Sederhana Lihat Gerhana.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *