Info Imlek 2567 dan Shio 2016

Info Imlek 2567 dan Shio 2016. Google ikut merayakan Imlek 2567 dengan memajang animasi bergambar delapan monyet bergelantungan pada sebatang pohon di Google Doodle. Gambar monyet itu untuk melukiskan 2567 sebagai tahun monyet api dalam penanggalan Cina.

Sumber:google

Sumber:google

Info Imlek 2567 dan Shio 2016 itu cukup banyak, harus diklik satu persatu. Informasinya pun beragam. Tapi pada dasarnya menjelaskan tentang Imlek, mulai sejrah hingga info terkini.Sebagai perayaan terpeting dari orang Tionghoa, perayaan Imlek dimulai hari pertama bulan pertama (pinyin: zheng yuè) di penanggalan Tionghoa berakhir dengan Cap Go Meh ( tanggal kelima belas).

Nah, berikut ini adalah rangkuman singkat mengenai informasi tentang Imlek, mungkin belum diketahui banyak orang.

* Tiap tahun tanggal berbeda
Imlek tidak jatuh pada tanggal yang sama tiap tahun. Biasanya antara 21 Januari hingga 20 Februari. Hal ini terjadi karena Tahun Baru Imlek ditentukan dari kalender Tionghoa.

* Ada Libur 15 Hari
Di negeri asalnya, Tiongkok libur Imlek selama 15 hari. Merupakan masa libur terpanjang di sana. Berbarengan digelar festival musim semi, yakni tiap 4-5 Februari.

* Bersih-Bersih Rumah Pun Jadi Tradisi
Jika membersihkan dan merapikan rumah jelang Imlek dianggap mendatangkan keberuntungan. Jika tidak dilakukan, bawa sial.

* Warna Merah
Menghias rumah mereka dengan pernak-pernik bernuansa merah. Dikabarkan warna merah membawa Ong atau keberuntungan. Merah dari lampiuon hingga pakaian.

* Bagi Angpao
Tradisi berbagi angpao dari orangtua kepada anak yang masih belum berkeluarga. Biasanya amplop merah berisi uang.

* Ucapan Khusus
Selamat Tahun Baru Imlek disebutkan dengan “Xinnian Kuaile”. Berisi doa tentang kebahagian dan keberuntungan di Tahun Baru.

* Melihat Shio
Dalam kalender Cina, tahun dinamai dengan nama hewan. 2016 ini, disebut sebagai tahun Monyet.

Nah, itu sebagian kecil dari info mengenai Imlek. Gong Xi Fat Coi, baca Info Imlek 2567 dan Shio 2016.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *