Pantau Banjir Jakarta Pakai Aplikasi Ini

Pantau Banjir Jakarta Pakai Aplikasi Ini. Ya, saat ini beberapa titik di Kota Jakarta dilanda banjir. Ini merupakan peristiwa yang sering terjadi, apalagi saat musim penghujan seperti sekarang. Dari pada meributkan penyebab banjir, mending mencari tahu posisi banjir dan cara menghindarinya. Caranya dibantu aplikasi-aplikasi yang bakal diulas di bawah ini.

sumber:google

sumber:google

Pantau Banjir Jakarta Pakai Aplikasi Ini, coba beberapa aplikasi berikut untuk memudahkan dan membantu saat terjadi bencana banjir. Ada beberapa pilihan, bisa diunduh di toko aplikasi BlackBerry, Apple Store maupun Google Playstore.

*Waze : bisa untuk iPhone, Android, Blackberry (gratis)
Merupakan aplikasi altenatif selain selain Google Maps. Melalui aplikasi ini, bisa dicari alamat karena petunjuk arahnya cukup akurat. Memiliki fitur ‘Reporting’ diberi nama‘Social GPS Traffic’ sangat membantu.

* Flashlight by 7th Gear: bisa untuk iPhone (gratis)
Dapat mengubah handphone menjadi sebuah senter tangan yang praktis. Selain fungsi senter secara umum, app ini dapat membuat sinyal SOS untuk meminta bantuan.

* First Aid by RedCross: bisa untuk iPhone, iPad, Android (gratis)
First Aid ini dapat memandu mengambil tindakan pertama apabila terjadi kecelakaan-kecelakaan kecil selama banjir. Misalnya, asma, pendarahan, patah tulang, alergi dan lainnya. Metode dalam bentuk tulisan dan video.

* Solar: bisau ntuk iPhone (berbayar)
Merupakan aplikasi perkiraan cuaca. User interface sangat minimalis dengan informasi cuaca per jam dan 3 hari ke depan. Dapat menyimpan data informasi cuaca beberapa kota.

* WhatsApp Messenger: bisa untuk iPhone, Android, Blackberry, Windows Phone (gratis)
Sangat membantu untuk saling berkomunikasi dan bertukar informasi dengan sanak famili, teman atau sesama korban banjir. Kelebihannya, lebih ringan dari aplikasi serupa. Apalagi ada fitur Share Location, berguna jika anda meminta evakuasi.

* Tweetbot: bisa untuk iPhone (berbayar)
Follow sejumlah akun untuk informasi banjir seperti (@TMCPoldaMetro, @RadioElshinta, (@LewatMana, @infoll, @infojakarta.

* SnapGuide: bisa untuk iPhone, iPad (gratis)
SnapGuide merupakan aplikasi membantu dalam segala hal. Penjelasannya memakai bantuan visual / foto, sehingga memudahkan dimengerti.

* Jakarta Flood Information Platform (JAFIP): bisau ntuk Android (gratis)
Merupakan hasil kerja PT Fujitsu Indonesia dengan Japan International Cooperation Agency (JICA), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Aplikasi ini diharapkan membantu masyarakat Jakarta menanggulangi banjir. Berisi info seputar hujan, ketinggian air sungai, banjir dan informasi bencana lain. Pengguna dapat melaporkan dengan beberapa tingkat/level kondisi dari cuaca dalam laporannya.

* Siaga Banjir: bisau ntuk Android (gratis)
Dikembangkan oleh tim Kawung Labs, pengguna bakal diberikan informasi terkini dari bencana banjir yang mungkin atau sedang terjadi. <ampu memonitori 12 pintu air yang aktif di sekitar Ibukota DKI Jakarta.

* PetaJakarta: (gratis)
Merupakan platform bersifat terbuka (open source) untuk mengumpulkan dan menyebarkan informasi tentang banjir yang terjadi di Jakarta. Proyek hasil kerjasama Fasilitas Infrastruktur SMART Universitas Wollongong, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, dan Twitter.

* LewatMana: bisa untuk iPhone, Android, Windows Phone, BlackBerry 10, Nokia Asha.
Merupakan platform yang menawarkan panduan untuk menghindari macet secara real-time melalui kamera CCTV. Layanan ini tersedia untuk kawasan Jabodetabek dan beberapa daerah lainnya di Pulau Jawa.

Alangkah lebih baik bagi untuk terus siaga dan waspada. Pantau Banjir Jakarta Pakai Aplikasi Ini.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *