Segera Melapor dengan Aplikasi Lapor

Segera Melapor dengan Aplikasi Lapor! Ya, jika Anda menemukan kinerja instansi atau lembaga pemerintahan di pusat atau daerah melempem, itu yang harus Anda lakukan. Sebab, sekarang Ada aplikasi yang membantu menyalurkan keluhan terkait birokrasi itu. lapor
Oleh karena itu, Segera Melapor dengan Aplikasi Lapor! Lantas, apa itu aplikasi Lapor? Jadi, aplikasi Lapor ini adalah singkata ndari Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat, disediakan untuk menerima keluhan atas kinerja instansi atau lembaga pemerintahan. Untuk diketahui, aplikasi ini digagas oleh Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan UKP4.

Nah, aduan masyarakat melalui aplikasi Lapor! terhubung dengan sejumlah intansi baik vertikal maupun horizontal. Aplikasi veritasl terdiri atas 43 BUMN dan untuk tingkat daerah meliputi sembilan provinsi, lima kabupaten serta satu kota.

Mekanismenya, jika ada laporan tak ditindaklanjuti oleh lembaga atau pemerintahan sebagai terlapor, maka ditangani Kantor Staf Kepresidenan. Tak lupa, laporan itu disupervisi oleh Ombudsman RI.

Sebenarny,a aplikasi Lapor! Sudah diluncurkan UKP4 sejak Desember 2014 lalu. Tujuannya agar mejadi fasilitas bagi masyarakat melaporkan keluhan atas kinerja instasi atau lembaga pemerintah yang amburadul. Namun, baru sekarang digaungkan lagi.

Sampai saat dikenalkan, aplikasi ini baru bisa diunduh gratis bagi pengguna ponsel berbasis sistem operasi Android. Tapi, kalau mau melapor dengan cara lain juga ada yakni mengadu lewat SMS ke nomor 1708, situs www.lapor.go.id atau Twitter akun @Lapor1708. Melalui Facebook juga bisa lho.

Fitur pada aplikasi Lapor!:
* Tracking ID Lapor!, yakni kode unik secara otomatis melengkapi setiap laporan yang dipublikasikan pada situs     Lapor!
* Anonim dan Rahasia, tersedia bagi pelapor untuk merahasiakan identitasnya. Fitur rahasia dapat digunakan untuk membatasi akses atas laporan hanya bagi pelapor dan instansi terlapor.
* Peta dan Kategorisasi, laporan dapat dilabeli dengan dengan lokasi geografis, topik, status
ketuntasan laporan dan institusi terkait
* Opini Kebijakan, dapat digunakan oleh instansi pemerintah yang terhubung sebagai sarana jajak pendapat masyarakat.

Aplikasi Lapor! melibatkan partisipasi publik dan bersifat dua arah. Segera Melapor dengan Aplikasi Lapor!

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *