Facebook Ikut WhatsApp Mau Tinggalkan BlackBerry

Facebook Ikut WhatsApp Mau Tinggalkan BlackBerry. Wah, ini kabar tambah menyedihkan. Kemarin-kemarin WhatsApp mau meninggalkan BlackBery akhir 2016. Kini, giliran Facebook. Bahkan, sejak 31 Maret 2016, dukungan Facebook kepada BlackBerry dihentikan.

Sumber: adweek.com

Sumber: adweek.com

Kabar Facebook Ikut WhatsApp Mau Tinggalkan BlackBerry ini benar adanya. Jadi, bagi Pengguna BlackBerry yang memiliki perangkat BB OS 7.1 dan BB OS 10 akan diminta untuk melakukan update aplikasi Facebook. Ini menjadi pembaruan aplikasi terakhir.

Update ini sebagai ganti aplikasi shortcut aplikasi Facebook menjadi launcher situs mobile Facebook. Para pengguna BlackBerry harus mengandalkan browser mobile membuka Facebook.
Pengguna BlackBerry juga tak bisa berharap banyak pada software pihak ketiga karena perusahaan jejaring sosial itu memutus dukungan API untuk BlackBerry.

Sebaga info, API atau Aplication Programming Interface adalah sangat dibutuhkan developer pihak ketiga untuk membangun aplikasi yang tersambung ke penyedia layanan tertentu, misalnya ke Facebook. Padahal, WhatsApp dan Facebook masuk 10 besar aplikasi gratis di toko aplikasi BlackBerry World.

BlackBerry mengutarakan keberatannya terkait penarikan Facebook ini melalui blog resminya. dalam sebuah postingblog. Kabar sebelumnya, WhatsApp mengumumkan segera menarik dukungan dari platform BlackBerry 10, terhitung mulai akhir 2016 mendatang.

BlackBerry 10 mengalami nasib yang sama dengan sistem operasi lama bakal ditinggalkan oleh WhatsApp, termasuk Nokia Symbian S60, S40, dan Windows Phone 7.1. Wah, setelah WhatsApp dan Facebook, aplikasi apa lagi yang cabut dari BlackBerry.

BlackBerry adalah jenis telepon seluler yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon, sms, menjelajah internet, BlackBerry Messenger (BBM). Juag punya berbagai kemampuan nirkabel lainnya. Penggunaan gawai canggih ini sempat jadi fenomenal namun belakangan mulai tersish di pasar.

Pada masa jayanya, pernah ada istilah CrackBerry yakni berasal dari kata crack cocaine dan BlackBerry. Gara-gara mudanya mengakses surat-e dan pesan instan membuat para pengguna tak bisa lepas dari BlackBerry. Efek ini membuat para pengguna seperti orang kecanduan BlackBerry.

Nah, CrackBerry juga menimbulkan kekhawatiran perubahan ritme kerja menjadi tidak sehat dan hilangnya keseimbangan hidup. Hal ini kemudian membuat beberapa pemerintahan negara membatasi bahkan melarang penggunaan BlackBerry. Sekarang, tidak perlu dibatasi, tampaknya pengguna sistem operais ini sudah jauh berkurang, bahkan Facebook Ikut WhatsApp Mau Tinggalkan BlackBerry.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *