Kenali Festival Holi, Acara Penuh Warna dari India

Kenali Festival Holi, Acara Penuh Warna dari India. Tampilan Google hari ini berubah. Huruf pada Google Doodle memilik warna berbeda biasa didominasi biru dan merah. Tulisan Google berwarna krem kalem. Ketika diklik,. Huruf Google berubah jadi tulisan animasi warna warni meriah. Bukan tanpa sebab Google melakukan hal demikian. Sebab hari ini, 24 Maret 2016 bertepatan dengan digelarnya Festival Holi. holi di goole

Apa itu festival Holi? Kenali Festival Holi, Acara Penuh Warna dari India. Jadi, Festival Holi merupakan festival warna biasanya digelar untuk menyambut datangnya musim semi dan berakhirnya musim dingin. Digelar di beberapa negara dengan penganut agama Hindu cukup besar seperti di India, Nepal, Bangladesh, Suriname dan lain-lain.

Adapun puncak perayaan Holi disebut Dhulheti, Dhulandi atau Dhulendi. Keriaan pada festival ini adalah orang saling melempar bubuk dan menyiram air berwarna-warni. Belakangan, festival oli tidak hanya digelar di India dan negara tetangganya. Festival Holi juga dirayakan segenap masyarakat keturunan India di Indonesia khususnya di Medan, Sumatera Utara.

Saat digelarnya Festival Holi, ada beragam warna memenuhi arena. Bisa dengan cara dioles, dilempar, hingga dimasukan dalam pistol air. Untuk diketahui,. Festival Holi paling popular di India. Tepung-tepung warna dilempar jadi lambang keceriaan musim semi.

Sebenarnya tidak ada tanggal pasti dari Festival holi. Namun, Festival Holi digelar 16 hari berturut-turut tahun ini. Dirayakan pada akhir musim dingin ketika phalgun purnima, bulan purnama terakhir bulan pada bulan phalguna menurut kalender lunar, dan biasanya bertepatan dengan akhir Februari atau awal Maret. Pada 2009, Holi (Dhulandi) jatuh pada 11 Maret dan Holika Dahan pada 10 Maret. holi di goole2

Festival Holi dikerjakan sejak pagi hari, di peserta sama-sama mencari ‘mangsa’ untuk ditaburi warna di sekujur badannyaa. Pada acara puncak api dinyalakan untuk mengenang momen lolosnya Prahlada saat menginginkan dibakar oleh Holika (saudara wanita Hiranyakasipu). Holika terbakar dan tewas, tetapi Prahlad penganut setia Dewa Wisnu selamat tanpa ada luka. Di Andhra Pradesh, Holika Dahan dimaksud Kama Dahanam.

Holi atau Festival Warna adalah festival awal musim semi yang dirayakan di India, Nepal, Bangladesh, Negara lainnya yang juga meraykan holi karena memilik penganut Hindu adalah Suriname, Guyana, Afrika Selatan, Trinidad, Britania Raya, Mauritius, dan Fiji. Jangan lupa, di Indonesia pun ada.

Di Benggala Barat dan Bangladesh, festival ini disebut Dolyatra (Doul Jatra) atau Basanta-Utsab (festival musim semi). Holi dirayakan secara besar-besaran di kawasan Braj di tempat-tempat yang berkaitan dengan Sri Kresna seperti Mathura, Vrindavan, Nandagaon, dan Barsana. Kenali Festival Holi, Acara Penuh Warna dari India.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *