Pandit Ravi Shankar, Siapa Dia?

Pandit Ravi Shankar, Siapa Dia? Nama Pandit Ravi Shankar menjadi top pencarian di Google Trend hari ini. Bahkan, mencapai lebih 1.000.000. Populernya nama Pandit Ravi Shankar di mesin pencari Google tak lepas dari keberadaannya animasi di Google Doodle. Animasi itu merupakan penggambaran aktivitas Pandit Ravi Shankar. Baca:Soraya Abdullah Jadi Trending Topic di Google Trend

Sumber:rollingstone

Sumber:rollingstone

Tidak semua orang tahu Pandit Ravi Shankar. Hmm, Pandit Ravi Shankar, Siapa Dia? Pada 7 April 1920, Pandit Ravi Shankar dilahirkan pada 7 April 1920. Dia adalah seorang komposer India yang piawai memainkan sitar, alat musik khas negeri itu.

Pandit Ravi Shankar pun didaulat sebagai salah satu komposer terbaik musik klasik Hindustani. Menelusuri sejarah Pandit Ravi Shankar lwat situs id.wikipedia.org, Pandit Ravi Shankar adalah murid dari Allauddin Khan sang pendiri sekolah musik klasik India, Maihar Gharana.

Kelebihan Pandit Ravi Shankar adalah sebagai instrumentalis yang membawa kekuatan dan pesona musik klasik tradisi India ke dunia Barat. Ravi mendunia ketika bekerja sama dengan The Beatles khususnya George Harisson. Tapi, sebenanrya dia memilik kharisma pribadi tak kalah mengagumkan.

Pandit Ravi Shankar merentang karier musik enam dekade. Terakhir, dia memegang Rekor Guinness untuk karier internasional terlama. Mungkin belum banyak yang tahu, dia adalah ayahanda dari Norah Jones, penyanyi jazz bersuara lembut yang pernah membawakan tembang hits ‘Don’t Know Why’ pada 2002.

Sumber:biosstars

Sumber:biosstars

Fakta Pandit Ravi Shankar:
– Nama lahir: Robindro Shaunkor Chowdhury
– Lahir: 07 April 1920, Varanasi, Kemaharajaan Britania
– Meninggal: 11 Desember 2012 (umur 92) San Diego, California, Amerika Serikat
– Genre: Klasikal hindustan

Beberapa Film dan lagu yang pernah menghiasi karyanya seperti Monterey Pop, Double Trouble, The Song of The Little Road, Vandanaa Trayee, Concerto for Sitar & Orchestra. Masih banyak lagi lho.

Pandit Ravi Shankar telah membantu jutaan pecinta musik klasik, jazz, dan rock di Barat menemukan tradisi berabad-abad dari musik India selama lebih dari delapan dekade perjalanan kariernya. Sangat tidka pantas jika tak tahu Pandit Ravi Shankar, Siapa Dia?

Please follow and like us:

One thought on “Pandit Ravi Shankar, Siapa Dia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *