Mario Miranda Kalahkan Hardiknas

Mario Miranda Kalahkan Hardiknas. Tiap 2 Mei di Indonesia diperingati sebagai hari pendidikan nasional (Hardiknas). Nah, Google biasanya tidak ketinggalan memeriahkan hari besar dengan mengubah tampilan Doodle dengan gambar animasi menyesuaikan dengan hari besat tersebut. Tapi, kali ini, Google tidak memasang animasi terkiat Hardiknas melainkan animasi Mario Miranda. Baca: HUT Claude Shannon ke-100 di Doodle mario miranda2

Mario Miranda Kalahkan Hardiknas adalah sangat cocok menggambarkan fakta itu. Lantas, siapa itu Mario Miranda hingga Google lebih mengutamakannya ketimbang memasang animasi terkait Hardiknas?

Google memasang animasi hujan, tak ada goresan yang membentuk huruf Google di sana, kecuali warna khas Google yang dituangkan pada enam payung di dalam ilustrasi tersebut. Banyak orang berlalu lalang sambil membawa payung.

Gambaran itu untuk memperingati ulang tahun Mario Miranda. Dia adalah seorang kartunis sekaligus pelukis berasal dari Daman, India. Karya-karyanya telah mendunia. Selain di halaman utama doodle, di halaman hasil pencarian di pojok kiri atas juga dipajang doodle berupa karakter anjing khas karya Mario Miranda.

Karya-karya awal Miranda sebagian besar merupakan vinyet yang bercerita mengenai ilustrasi kehidupan penduduk berbagai desa di Goa, wilayah pesisir barat India. Debutnya sebagai kartunis dilakukan ketika karyanya ditampilkan oleh majalah The Ilustrated Weekly of India.

Miranda bekerja sebagai kartunis untuk Times of India dan menciptakan toko Miss Nimbupani dan Miss Fonseca yang rutin muncul di Femina serta Economic Times. Kartun karya Miranda mulai dikenal dunia 1974. Saat itu, ia diundang ke Amerika Serikat sehingga bisa mempromosikan karyanya serta berinteraksi dengan berbagai kartunis lain.

Bahkan, dia juga sempat membuat karya bersama dengan pencipta tokoh Peanuts, Charles M Schulz, serta Herblock, seorang kartunis editorial untuk Washington Post. Miranda meraih berbagai penghargaan atas karya-karyanya, seperti Padma Shri pada 1988, Padma Bushan pada 2002, dan penghargaan capaian seumur hidup dari Organisasi Kartunis Seluruh India.

id-wikipeida-org

id-wikipeida-org

Berikut Fakta Mario Miranda:
* Memulai karier di dunia iklan
* Beasiswa jadi langkah Mario untuk mengeluarkan beberapa karya di Eropa
* Tak hanya koran, kartun karya Mario menghiasi buku ilustrasi
* Sering dapat penghargaan

Biodata:
– Nama Mario Miranda
– Lahir: 2 Mei 1926, India Portugis
– Meninggal: 11 Desember 2011, Loutolim, India
– Pendidikan: St. Xavier’s College-Autonomous, Mumbai, St. Joseph’s Boys’ High School, Bangalore
– Penghargaan: Padma Vibhushan

Pameran tunggal karya Miranda telah ditampilkan di lebih dari 22 negara, termasuk Amerika Serikat, Jepang, Brasil, Australia, Singapura, Perancis, Yugoslavia, dan Portugal. Satu yang paling menonjol dan bisa dinikmati hingga sekarang adalah karya mural. Miranda melukisnya di dinding kafe Mondegar, yang merupakan restoran dan bar paling ikonis di Mumbai, India. Mario Nah, bagaimana, begitulah Mario Miranda Kalahkan Hardiknas.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *