Mengenal Sigmund Freud Lewat Hari Kelahirannya

Mengenal Sigmund Freud Lewat hari Kelahirannya. Pada 6 Mei 2016 lalu, Google mengganti Doodle mejadi animasi berakitan dengan Sigmund Freud. Dunia psikologi sangta mengenal pria ini dan Google menghargai hari kelahirannya dengan mengubah tampilan Doodle menjadi sebongkah es, lambang dari dalamnya alam bawah sadar manusia. Baca: Animasi Unik Google untuk Malam Tahun Baru.sigmun freud Sigmund_Freud_LIFE

Mengenal Sigmund Freud Lewat hari Kelahirannya adalah cara abgus untuk belajar sejrah psikologi. Sigmund Freud lahir di Freiberg, 6 Mei 1856 dan meninggal di London, 23 September 1939 pada umur 83 tahun. Dia seorang Austria keturunan Yahudi dan pendiri aliran psikoanalisis dalam bidang ilmu psikologi.

Freud berkata, kehidupan jiwa memiliki tiga tingkatan kesadaran, yakni sadar (conscious), prasadar (preconscious), dan tak-sadar (unconscious). Konsep dari teori Freud yang paling terkenal adalah tentang adanya alam bawah sadar yang mengendalikan sebagian besar perilaku. Selain itu, dia juga memberikan pernyataan bahwa perilaku manusia didasari pada hasrat seksualitas (eros) yang pada awalnya dirasakan oleh manusia semenjak kecil dari ibunya.

Freud tertarik dan belajar hipnotis di Perancis, lalu menggunakannya untuk membantu penderita penyakit mental. Freud kemudian meninggalkan hipnotis setelah ia berhasil menggunakan metode baru untuk menyembuhkan penderita tekanan Psikologis yaitu asosiasi bebas dan analisis mimpi.

Freud merupakan tokoh menonjol terkait dengan pendapat-pendapatnya di bidang psikologi. Banyak istilah-istilahnya yang digunakan oleh umum, misalnya: ego, super ego, dan kompleks Oedipus.

Freud bukanlah orang pertama yang menggunakan metode psikoterapi verbal. Namun, sistemnya merupakan metode yang paling banyak digunakan di awal abad 20. Metode Freud bahkan menjadi dasar munculnya berbagai varian psikoterapi di kemudian hari.

Metode interpretasi yang digunakan oleh Freud adalah untuk melihat sesuatu lebih dalam dan tidak sekadar dari permukaannya saja. Karena itulah, Doodler Kevin Laughlin memutuskan untuk menggambarkan Doodle hari ini dengan permukaan laut, wajah Freud di bagian permukaan dan sebongkah es di bagian bawah permukaan. Mengenal Sigmund Freud Lewat hari Kelahirannya.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *