Daeng Soetigna, Penemu Angklung Padaeng

Daeng Soetigna, Penemu Angklung Padaeng. Siapakah Daeng Soetigna Itu? Google menampilkan Doodle seorang lelaki yang sedang mengajarkan alat musik kepada dua muridnya. Jika lebih fokus, alat musik tersebut dikenali dengan nama angklung. Guru itu tak lain adalah Daeng Soetigna. Baca: 8 Android Terbaik untuk Unduh MusikDAENG SOETIGNA

Siapakah Daeng Soetigna Itu? Daeng Soetigna, Penemu Angklung Padaeng. Dia berjasa mempopulerkan alat musing tradisonal asal Jabawa Barat itu. Kebetulan Jumat (13/5) tepat 108 usia Daeng Seotigna. Namun Daeng telah meninggal dfunia pada 8 April 1984 silam, dimakamkan di Cikutra, Bandung, Jawa Barat.

Pria kelahiran Garut tersebut adalah pencipta angklung diatonis. Semasa hidupnya, Daeng aktif menggelar pementasan orkes angklung di seluruh wilayah Indonesia. Dia membuat alat musik tradisional yang bisa memainkan musik-musik internasional.

Daeng memulai karirnya sebagai guru kesenian pada 1928. Kemudian, pada 1942, saat Jepang datang ke Indonesia, Daeng ditunjuk sebagai Kepala Sekolah HIS (Sekolah Rakyat). Pada 1950 dia memiliki sekolah sendiri. Daeng juga sempat belajar di Australia dan pulang sebagai konsultan pendidik untuk pemerintah.

Dia berjuang mengangkat musik angklung dari kelas rendahan ke kelas konser papan atas membuat namanya harum hingga kini. Google pun turut menghormati perjuangan Daeng dengan memperingati hari ulang tahunnya.

Daeng berhasil mengubah angklung yang tadinya bernada pentatonik menjadi diatonik, punya delapan nada dalam tiap oktaf. Angklung pun bisa dimainkan lebih bebas sebagai melodi lagu.
Dengan alat tradisional itu pula ia merangkai musik. Aransemen demi aransemen yang ia buat sampai bisa dimainkan sekelas konser.

Pria ini lebih dikenal sebagai pencipta angklung yang sampai sekarang banyak digunakan disebut Angklung Padaeng. Angklung modifikasinya diajarkan ke berbagai kelompok musik di sekolah-sekolah, istri para militer dan suster-suster di gereja. Dia juga pernah tampil di hadapan orang-orang top Tanah Air, termasuk Presiden pertama RI Soekarno.

Daeng mendapat banyak ganjaran. Di antaranya adalah Satya Lencana Kebudayaan dari Presiden Republik Indonesia, Penghargaan Nasional Hal Kekayaan Intelektual 2013 dari Menteri Hukum dan Hak Asasi RI sebagai pencipta angklung. Daeng Soetigna, Penemu Angklung Padaeng.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *