Frankie Manning dan Tarian Swing Akrobatik

Frankie Manning dan Tarian Swing Akrobatik . Google memasang animasi unik di Doodle pada 26 Mei 2016. Sepasang orang kulit hitam tengah menari tampil sebagai Google Doodle. Tampilan ini untuk memperingati kelahiran Frankie Manning yang ke-102. Siapakah dia?  Baca:Menarik. Situs Penebak Panjang Kumis ala Microsoft-Frankie-Manning-

Frankie Manning dan Tarian Swing Akrobatik. Dari situ jelas tergambarkan bahwa Frankie Manning adalah sosok penari asal AS dan penggagas tarian lindy hop terkenal pada era 1930-an hingga 1940-an. Adapun Lindy hop tarian atau teknik dansa sejenis swing memadukan gerakan akrobatik seperti melompat dan berputar di udara.

Nah, sebelum tarian itu populer, tarian swing hanyalah bentuk dansa biasa. Namun, kehadiran tarian lindy hop membuat musik swing bisa diikuti tarian yang sangat enerjik dan penuh semangat. Lindy hop cepat populer karena mewakili semangat jiwa muda yang tersirat dalam berbagai gerakannya yang cepat dan mengentak.

Frankie Manning adalah seorang penari, lahir di Jacksonville, Florida, Amerika, pada 26 Mei 1914. Dia tertarik belajar menari untuk menyenangkan hati ibunya seorang penari Waltz.

Frankie malah menjadi ‘duta Lindy Hop’ pada zamannya. Di Indonesia, tarian swing memang tak terlalu populer. Kalah populer dengan salsa atau tango yang kental dengan aroma Amerika Latin meski dibesarkan di Amerika Serikat. frankie_manning1-1

Jasanya sangat besar mengembangkan lindy hop sebagai tarian swing. Ia juga dikenal sangat baik hati serta kharismatik. Seperti dikutip FrankieManning.com, Frankie merupakan penari terkemuka di Harlem, tepatnya di Savoy Ballroom, tempat inovasi tarian lindy hop yang revolusioner ini berkembang.

Saat menari, Frankie kerap diiringi oleh para peman jazz terkenal seperti Ethel Waters, Count Basie, Duke Ellington, Ella Fitzgerald, dan Cab Calloway. Setelah runtuhnya era swing, Frankie sempat bekerja di Kantor Pos selama 30 tahun hingga generasi 1980-an kembali menggelorakan tarian swing.

Frankie kembali melantai, mengajar, membuat koreografi. Puncaknya, dia memenangi Tony Award pada 1989 untuk koreografi terbaik di Black and Blue. Dia juga menjadi konsultan film ‘Malcolm X’ karya sutradara Spike Lee pada 1992.

Sampai berusia 85 tahun Frankie masih segar saat event dansa swing diperlombakan di Arizona, Amerika Serikat. Frankie Manning dan Tarian Swing Akrobatik.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *