Lotte Reiniger Pelopor ‘Wayang Kulit’ Siluet

Bagi anak muda sekarang, nama Lotte Reiniger Pelopor ‘Wayang Kulit’ Siluet mungkin tidak familiar. Wajarsaja, dia lahir lebih sebabad lalu. Namun, di mata Google, dia orang yang sangat pentig hingga ditempatkan di Doodle, dalam bentuk animasi, sebagai penghormatan atas jasanya. Baca:Lihat Ironman dan Captain America Berantem

Sumber:animationresources-org

Sumber:animationresources-org

Nah, Lotte Reiniger Pelopor ‘Wayang Kulit’ Siluet ini digambarkan Google pagi Kamis, 2 Juni 2016 dengan video animasi pendek berupa siluet perempuan menggunting kertas dan menjadikannya berbagai macam objek.

Lotte Reiniger pada hari ini tepat berusia ke-117. Reiniger merupakan seorang sutradara film animasi siluet pertama, sebelum munculnya era Walt Disney. Dia lahir di Berlin, Jerman, pada 2 Juni 1899 dan selama kariernya membuat 40 judul film animasi siluet!

Reiniger membuat karakter siluetnya dari kertas digunting-gunting, dimainkan di belakang layar diberi penerangan dari belakang. Kalau di negeri kita, metode seperti ini digunakan pada pementasan wayang kulit.

Kehebatan Reiniger adalah membikin film seperti ‘The Adventures of Prince Achmed’ (1926) dan ‘Papageno’ (1935). Film ini diiringi musik karya Mozart. Film animasi pertama Reiniger ‘Das Ornament des verliebten Herzens’ (The Ornament of the Enamoured Heart, 1919). Film ini berkisah tentang dua kekasih dengan ornamen-ornamen yang menggambarkan perasaan mereka.

Kemudian, Reiniger membuat karya-karya film animasi siluet berikutnya. Bergejolak politik di Jerman, membuat Reiniger memutuskan pindah ke London, Inggris pada 1945. Di London, ia bertemu Freddie Bloom, direktur National Deaf’s Children Society.

Bloom kagum kemampuan menggunting kertas dari Reiniger dan memintanya mendesain logo penggalangan dana. Logo dipakai hingga 1990. Kemudian, bersama Louis Hagen Jr, Reiniger mendirikan studio film pada 1953. Sejak saat itu,  belasan film siluet dihasilkan untuk studio TV BBC dan Telecasting America.

Karya lainnya, berupa sebagai ilustrator buku King Arthur and His Knights of the Round Table karya Roger Lancelyn Green pada 1953. Sejumlah penghargaan diraihnya, seperti Filmband in Gold pada 1972, Great Cross of the Order of Merit of the Federal Republic of Germany pada 1972 dari pemerintah Jerman. Dia meninggal dunia di Dettenhausen, Jerman, pada 19 Juni 1981. Lotte Reiniger Pelopor ‘Wayang Kulit’ Siluet.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *